Yuk Simak Kondisi Bangkitnya Partai Politik Kaum Kiri Yunani Disini

Kondisi krisis ekonomi di Yunani yang semakin membesar menghadirkan rasa ketidakpercayaan masyarakatnya sendiri. Hal ini dikarenakan partai oligarki lama yang berlangsung hingga puluhan tahun memicu krisis ekonomi hingga krisis politik. Oleh karena itu, partai politik dibawah nama Syriza berhasil mendapatkan berbagai pengaruh massa dalam memberikan gagasan sosialisme.
Awal Terbentuknya Gerakan Kiri Di Yunani Dan Partai Syriza
Pada dasarnya, gerakan kiri sudah terbentuk sejak abad ke 20. Namun, kondisi dictator militer yang berlangsung pada saat itu membuat partai ini mengalami perpecahan. Kondisi ini disebabkan oleh krisis yang terjadi di internal KKE dalam menggunakan strategi mobilisasi massa, propaganda dan kampanye untuk menentang invasi.
Runtuhnya rezim diktator militer ini membuat arus demokrasi dibuka kembali. Meski demikian, KKE tetap mengikuti pemilu dengan nama united left untuk mengisi kekosongan pemerintahan Yunani. Bahkan, masa ini adalah masa genting karena adanya kontradiksi dari segi ekonomi, sosial dan politik kenegaraan.
Kondisi tersebut tentu memunculkan berbagai partai dari gerakan kiri akibat konflik warisan rezim yang tidak terselesaikan. Bahkan, KKE bersama dengan organisasi kiri akhirnya membentuk koalisi kiri dan kemajuan atau disingkat SYN. Partai yang membangun gerakan di akar rumput tersebut akhirnya mendorong munculnya Syriza pada tahun 2004.
Partai Syriza ini selalu menekankan dialektika aliansi elektoral dan perjuangan memenangkan pemilu dari bawah sebagaimana yang sudah dilakukan oleh gerakan kiri sebelumnya. Syriza di awal pembentukannya memang masih mendapatkan suara yang sedikit. Namun, partai ini selalu berusaha hingga akhirnya pada tahun 2008 berhasil mengguncang sistem politik lama.
Syriza Dan Penegakan Strategi Antagonisme Dalam Pemilu
Proses panjang yang sudah dilalui partai Syriza ini akhirnya berhasil pada pemilu 2015 dengan 36,3% suara. Dalam hal ini, Syriza menerapkan strategi front populer yang digunakan untuk melakukan perlawanan terhadap KKE. Bahkan, partai ini juga telah menempatkan diri mereka sebagai partai yang luas dan tidak terikat.
Front populer yang digunakan oleh partai politik Syriza ini menimbulkan adanya berbagai aliran ideologi. Tentunya, partai ini juga mengadopsi program revolusioner karena mendapat berbagai dukungan yang luas dari pemuda dan serikat buruh revolusioner. Selain berbagai keberagaman, partai ini juga memiliki basis konstituen secara sosial dan politik di luar koalisi partai.
Setelah mendapatkan dukungan yang luas ini, Syriza juga mengusung strategi antagonism dengan memisahkan orang yang terkena dampak penghematan dan yang membuka pintu neoliberalisme melalui Troika. Dalam hal ini, Syriza memberikan pembeda yang jelas antara kekuasaan yunani demokratis dan yunani oligarkis.
Perjuangan Partai Syriza Dalam Melawan Hegemoni Troika
Kondisi partai Syriza yang telah berhasil menyebarkan politik secara luas mengakibatkan banyak akademisi, media jurnalistik dan politisi yang anti golongan kiri menyerang Syriza dan Alexis Tsipras. Bahkan, partai yang satu ini telah menghadapi berbagai penekanan melalui diskursus yang sudah dibangun.
Kondisi Syriza yang dikuasai oleh kiri tengah yang cenderung reformis membuat partai ini mengalami berbagai masalah untuk membawa Yunani keluar dari krisis. Bahkan, Syriza juga mengalami kondisi dilemma karena tidak bisa keluar dari zona euro dan dipaksa untuk menyetujui paket reformasi dari Troika. Sehingga, Syriza terlihat seolah sudah mengkhianati mandate rakyat Yunani.
Setiap strategi politik yang dikerahkan selalu memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam hal ini, Syriza adalah salah satu partai yang berasal dari golongan kiri yang berusaha untuk mengehentikan krisis. Namun, krisis ekonomi dan sistem kapitalisme pada dasarnya hanyalah sebuah momentum yang akan mempengaruhi kondisi suatu negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *