Yuk Simak Kekurangan Dan Kelebihan Yang Sering Dirasakan Siswa Ketika Sekolah Online

Siswa Berburu Signal untuk Kirim Tugas Sekolah Online

Pembelajaran yang dilakukan secara online terkadang memiliki kekurangan. Hal itu disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah kondisi ekonomi keluarga murid. Karena tidak semua orang memiliki ponsel canggih dan juga tidak semuanya mempunyai media sosial. Meskipun tergolong lebih praktis namun juga membutuhkan banyak biaya untuk membeli kuota. Berikut simak kekurangan dan kelebihan dari sekolah online.

Kelebihan Belajar Online

Selama proses pembelajaran online, siswa dapat belajar dimana saja baik dalam ruangan atau luar ruangan. Hal ini memudahkan siswa untuk mengerjakan tugas sambil mengerjakan pekerjaan rumah. Disini tempat tidak menjadi alasan, akan tetapi kesiapan harus dimiliki oleh siswa. Maka dari itu siswa harus siap pada ruangan yang ia gunakan sebagai tempat belajar selama proses pembelajaran online agar dapat menyimak dan memahami isi pelajaran.

Dokumentasi Sekolah Online

Karena proses belajar dilakukan secara online maka siswa tidak perlu mengeluarkan uang untuk ongkos dan uang jajan. Dengan duduk diam dirumah, siswa sudah bisa melakukan kegiatan belajar. Hal ini tentunya akan menghemat pengeluaran anda sebagai orang tua, apalagi bagi mereka yang rumahnya cukup jauh. Selain itu, karena kegiatan belajar dilakukan secara online maka waktu belajar pun lebih singkat dari biasanya.

Dengan mudahnya mengakses materi pembelajaran atau mengikuti video tatap muka, maka siswa memiliki waktu lebih cepat untuk belajar, apalagi belajarnya hanya dirumah. Sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk pergi ke sekolah seperti biasa. Selain itu, para pelajar tidak memerlukan waktu lagi untuk menunggu guru yang kadang datangnya tidak tepat waktu alias ngaret yang membuat banyak waktu terbuang.

Belajar online yang tidak memerlukan banyak waktu ternyata juga dapat membuat pelajar bisa mengembangkan diri pada hal lain seperti membaca, menggambar atau bahkan menulis. Dengan begitu para siswa tidak hanya sekedar belajar atau mencari ilmu saja akan tetapi juga bisa mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki oleh para siswa tersebut.

Kekurangan Belajar Online

Meski belajar dirumah namun para pelajar tidak bisa hidup tenang karena tugas yang diberikan oleh para guru biasanya semakin banyak. Sehingga waktu dirumah dihabiskan untuk mengerjakan tugas-tugas yang menumpuk. Para guru memberikan tugas agar siswa tetap mendapatkan nilai dan materi pembelajaran. Sistem belajar online memang menghemat waktu namun belum tentu lebih efektif dalam hal penerimaan materi pembelajaran.

Anak Malas Malasan Sekolah Online Ini Trik yang Bisa Dilakukan

Tak sedikit siswa yang mengeluh tidak mengerti dengan materi yang disampaikan oleh pengejar melalui media belajar online. Selain itu banyaknya tugas yang diberikan oleh pengajar setiap harinya dapat menambah tingkat stres yang dirasakan oleh pelajar selama belajar di rumah. Tak hanya itu, kondisi di dalam rumah belum tentu kondusif sehingga memungkinkan konsentrasi belajar terganggu sehingga materi susah dipahami.

Jika kondusif mungkin siswa akan lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tak hanya itu, kekurangan dari belajar online adalah menghabiskan banyak data internet atau kuota. Jika para siswa biasanya membeli paket internet sebulan sekali, kini mereka bisa membeli kuota internet dua sampai tiga kali dalam waktu sebulan. Selain itu yang menggunakan wifi juga terpengaruh karena pemakaian telah melebihi batas yang ditentukan.

Kegiatan belajar online yang terjadi selama masa pandemi ini dapat dikatakan cukup berhasil, meski terjadi shock habit dikalangan siswa dan guru. Terlepas dari efektif atau tidaknya sistem pembelajaran online, setidaknya cara belajar seperti ini tetap bisa mengisi waktu siswa dan guru selama dirumah saja sehingga hari yang dilewati tetap produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *