Yuk Ketahui Taktik Pemasaran dengan 5P Marketing

tau 5p marketing itu

Bagi anda yang memiliki bisnis, maka pemasaran adalah yang hal yang sangat penting untuk mendapatkan pelanggan sehingga usahanya bisa tetap bertahan dan berkembang. Adapun taktik yang paling efektif untuk memenuhi kebutuhan klien adalah dengan menggunakan kombinasi yang berbeda beda melalui 5P. Agar lebih mengetahui apa itu 5P marketing, yuk simak ulasan di bawah.

5P dalam Bauran Pemasaran yang Perlu Anda Tahu

1. Product

Product atau produk merupakan salah satu hal penting yang harus anda perhatikan untuk memenangkan hati pelanggan. Produk lebih mengacu pada barang atau jasa yang anda jual, termasuk juga di dalamnya fitur, manfaat dan keuntungan yang diperoleh pelanggan ketika membeli barang atau jasa yang anda jual. Dalam hal ini, anda harus mempertimbangkan tentang fitur utama dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan customer.

ini 5p marketing Peluang Usaha yang Menjanjikan

2. Price

Price atau harga merupakan stategi harga yang anda gunakan untuk produk maupun jasa, sehingga dapat mempengaruhi pelanggan. Tentunya dalam hal ini, anda harus bisa menentukan seberapa banyak pelanggan anda yang siap untuk membayar, seberapa banyak mark up yang anda butuhkan untuk menutupi biaya overhead, margin keuntungan serta metode pembayaran dan biaya lainnya. Dalam hal ini, anda juga perlu menentapkan diskon untuk menarik pelanggan.

3. Promotion

Promotion merupakan kegiatan promosi yang bertujuan memberikan kesadaran kepada calon pelanggan tentang produk yang anda jual. Kegiatan ini biasany disebut juga dengan taktik pemasaran. Anda bisa menarik mereka dengan cara memasang iklan, promosi atau penjualan secara langsung. Dengan adanya promotion ini, maka produk anda akan lebih cepat dikenal oleh masyarakat serta menumbuhkan keyakinan untuk membeli.

sudah tau

4. Place

Place atau tempat meliputi dimana produk atau jasa anda dapat dilihat oleh pelanggan, dimana produk anda dibuat serta didistribusikan. Tentunya place adalah faktor penting yang harus diperhatikan, agar customer dapat menemukan produk anda. Anda perlu menempatkan produk agar terhindar dari kompetisi dengan menggunakan desain ruang retail dan teknik visual merchandising yang efektif.

Tentunya ketika anda sedang memulai bisnis baru, maka menemukan lokasi yang tepat menjadi salah satu kunci dari taktik pemasaran. Ada beberapa faktor tentunya yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan tempat ini. Semakin stategis tempat yang digunakan, maka akan semakin mendukung penjualan produk yang andan buat.

5. People

Poeple atau orang lebih mengacu pada tenaga kerja penjualan yang sedang bekerja untuk bisnis anda. Tentunya hal ini juga dapat mempengaruhi ketertarikan konsumen terhadap produk yang anda jual. Anda perlu memberikan pelayanan yang tepat bagi konsumen serta meninggalkan kesan yang positif terhadap konsumen yang telah membeli produk anda. Maka dari itu, perlu memilih tenaga yang tepat sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik.

Ketika konsumen mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan oleh tenaga pemasaran anda, maka akan memberikan kepuasan bagi mereka. Tentunya hal ini akan mendorong mereka untuk menginformasikan mengenai pelayanan yang baik, yang telah didapatkan kepada orang lain. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi anda, sehingga produk anda lebih banyak dikenal masyarakat.

Itulah penjelasan mengenai 5P yang diterapkan dalam pemasaran. Bagi anda yang sedang memulai bisnis baru dan menjual suatu produk, tentunya 5 unsur tersebut perlu diperhatikan dengan baik. Dengan adanya pengembangan produk, penetapan harga yang tepat, tempat yang stategis, promosi dan orang yang tepat, maka anda dapat memenangkan pelanggan. Tentunya hal ini sangat berpengaruh terhadap ketahanan produk anda di kalangan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *