Waspada Corona, Yuk Cari Tahu Kapan Harus Datang Ke Rumah Sakit

Rumah Sakit

Covid-19 merupakan virus yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 atau yang biasa disebut virus corona. Virus satu ini merupakan jenis virus yang termasuk jenis virus yang baru pasalnya sifatnya belum begitu dikenal di kalangan tenaga medis. Bahkan karena sifatnya yang belum dikenal penyebaran virus satu ini sangat cepat sehingga banyak korban berjatuhan. Untuk mewaspadai virus satu ini yuk cari tahu kapan kita harus memeriksakan diri ke Rumah Sakit.

Ciri-Ciri Seseorang Yang Diharuskan Untuk Diperiksa

Pemerintah telah menetapkan virus satu ini memiliki tempat penanganan dan perawatannya sendiri. Hal ini dikarenakan agar seseorang yang telah terjangkit virus satu ini tidak menularkan kepada orang yang sehat. Namun karena terbatasnya fasilitas kesehatan tidak semua orang yang merasakan sakit atau gejala covid-19 dianjurkan untuk periksa ke dokter. Pasalnya viru satu ini bisa sembuh dengan sendirinya bersamaan dengan meningkatnya sistem imun seseorang.

Rumah Sakit Tinjau RSUD

Jika seseorang mengalami gejala ringan cukup dengan mengisolasi diri di rumah selama empat hari. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan sistem imun, setelah empat belas hari sistem imun telah meningkat dan tubuh terasa lebih bugar. Baru akan dilakukan pemeriksaan rapid test untuk mengetahui bahwa virus pada tubuh benar-benar sudah hilang.

Namun jika setelah isolasi di rumah sistem kekebalan tubuh tidak meningkat dan gejala semakin parah hal tersebut perlu ditindak lanjuti. Sesuai protokol yang dikeluarkan kemenkes RI andac dapat memeriksakan diri ke Rumah Sakit apabila anda mengalami demam tinggi diatas 37.9 derajat celcius serta bersamaan dengan penyakit gangguan pernapasan sesak atau asma. Sehingga gangguan pernapasan tersebut membuat tenggorokan anda terasa sakit.

Selain itu anda dapat memeriksakan diri apabila anda telah melakukan kontak dengan orang yang positif Covid-19 atau memiliki riwayat perjalanan yang jauh seperti dari luar negeri atau kota yang telah menjadi zona merah. Jika gejala tersebut tidak kunjung mereda setelah 14 hari dan anda telah melakukan isolasi mandiri anda perlu melakukan tes atau memeriksakan diri.

Orang Yang Tidak Memiliki Kontak Atau Bepergian Tetapi Mengalami Gejala

Bagi sebagian orang yang telah terindikasi covid-19 mereka adalah orang yang tidak memiliki riwayat kontak dengan orang positif serta tidak bepergian kemanapun. Namun gejala tersebut tetap muncul padanya, hal ini dapat disebabkan oleh faktor lain seperti menerima uang atau barang-barang yang dipegangnya adalah barang yang telah digunakan orang yang positif.

rumah sakit rujukan pasien virus corona

Untuk itu saat anda mulai mengalami gejala ringan tersebut usahakan anda melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu. Jangan terburu-buru untuk datang ke tempat perawatan atau pelayan covid-19. Hal ini dikarenakan terbatasnya fasilitas kesehatan sehingga membuat beberapa tempat perawatan dipenuhi orang. Meski hal tersebut dilarang namun pihak penyedia tempat akan lebih susah menghindari hal tersebut.

Karena saat semua orang yang mengalami gejala ringan melapor akan terjadi antrian panjang serta kerumunan. Sehingga membuat orang yang negatif akan mudah terpapar virus karena tidak menjaga jarak aman. Untuk itu sebaiknya anda memahami terlebih dahulu bagaimana kriteria orang yang dapat memeriksakan diri sebelum anda datang ke tempat perawatan, agar dapat meminimalisir pasien positif Covid-19.

Saat ini pemerintah telah mempermudah anda untuk memeriksakan kesehatan terkait Covid-19 tanpa harus mendatangi tempat pemeriksaan. Pasalnya telah banyak tersedia aplikasi hingga fitur yang mempermudah anda mengetahui kondisi tubuh anda. Hal ini dilakukan pemerintah sebagai cara meminimalisir orang untuk datang ke tempat pelayanan Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *