Wajib Tahu, 5 Kebiasaan Sehari Hari yang Bikin Daya Tahan Tubuh Menurun

Tanda-tanda Saat Daya Tahan Tubuh Menurun

Sistem kekebalan tubuh merupakan pelindung utama tubuh agar tidak mudah terserang virus yang menyebabkan berbagai penyakit. Hingga kemudian banyak orang yang mencari alternatif guna menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak menurun. Mereka berlomba lomba meracik berbagai minuman juga makanan yang mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Akan tetapi tanpa disadari, masih banyak kebiasaan sehari hari yang bisa saja membuat daya tahan tubuh menurun. Yuk simak disini.

Kebiasaan Buruk Sehari Hari Yang Membuat Daya Tahan Tubuh Menjadi Menurun

1. Konsumsi Gula Berlebih

Seorang ahli gizi menerangkan bahwa kekebalan tubuh ada kaitan dengan mikroflosa usus, dimana keseimbangan bakteri baik ataupun bakteri jahat di usus memiliki peran penting dalam pertahanan tubuh dari serangan penyakit. Akan tetapi kebiasaan konsumsi gula secara berlebih ternyata bisa menurunkan mikroflora usus. Sebab bakteri jahat sangat suka gula dan bisa menekan jumlah bakteri baik, sehingga kemampuan sel darah putih pun menjadi melemah.

daya tahan tubuh menurun menjaga daya tahan tubuh

2. Mager Alias Malas Gerak

Malas gerak (mager) tanpa disadari sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh mayoritas orang. Padahal mager sangat berisiko meningkatkan berat badan dan juga bisa menurunkan kekebalan tubuh. Untuk itu, ada baiknya kurangi mager dan mulai melakukan olahraga dengan intensitas sedang. Sebab dengan berolahraga, hormon stres akan terlepas sehingga bisa menurunkan inflamasi, mocrobial killing, serta meningkatkan sitokin atau sel imunitas tubuh.

3. Konsumsi Makanan Serba Goreng

Anda sudah merasa memenuhi kebutuhan gizi yang cukup? Coba cek dulu bagaimana cara atau proses mengolah makanan tersebut. kebanyakan orang sangat gemar mengolah makanan dengan cara menggoreng. Padahal cara ini justru menurunkan kadar kandungan gizi dalam suatu bahan makanan. Pasalnya kebanyakan makanan akan digoreng dalam waktu lama dan di titik didih tertinggi, dimana hal ini dapat merusak kandungan gizi.

4. Begadang

Kebiasaan satu ini merupakan kebiasaan buruk yang melekat hampir kepada semua orang. Tidur saat sudah lewat tengah malam atau menjelang pagi, sudah menjadi kegiatan rutin setiap hari. Apalagi mereka yang bekerja, kebanyakan akan lembur hingga tengah malam kemudian setelah itu baru bisa tidur. Dimana hal ini mengakibatkan jam tidur yang berkurang dan merasa perlu menambah jam tidur di keesokan hari. Padahal kebiasaan tersebut sangat tidak benar.

daya tahan tubuh menurun Hati-hati Cara Tidur Bisa Pengaruhi Daya Tahan Tubuh

Setidaknya, orang dewasa perlu tidur 7 hingga 9 jam setiap harinya untuk membiarkan tubuh melakukan regenerasi setelah seharian bekerja. Perlu diketahui, ternyata hormon pertumbuhan bekerja pada malam hari dan produksi tertinggi hormon tersebut terjadi pada jam 11 malam hingga 2 malam. Jika seseorang terbangun di jam tersebut, maka bisa saja membuat daya tahan tubuh menurun dan imun melemah.

5. Terus Berada Di Dalam Ruangan

Untuk Anda yang selalu bekerja di dalam ruangan, maka ada baiknya mulai dari sekarang sesekali keluar ruangan untuk memperoleh sinar matahari. Sebab sinar matahari dapat mendukung adanya produksi vitamin D yang bagus untuk kekebalan tubuh. Untuk itu, cobalah lakukan kebiasaan berjemur di bawah sinar matahari di pukul 10 pagi hingga 2 siang. Dan untuk menjaga kekebalan tubuh, Anda cukup berjemur selama 10 hingga 15 menit saja.

Tanpa disadari, setiap orang memiliki berbagai kebiasaan buruk yang tentunya sangat berisiko mampu menurunkan daya tahan tubuh. Saat kekebalan tubuh menurun dan melemah, maka di saat itulah para virus berbondong bondong menyerang tubuh hingga menyebabkan penyakit. Anda pasti tidak ingin sakit, bukan? Untuk itu, ada baiknya mulai sekarang coba mengurangi kebiasaan buruk agar hidup menjadi lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *