Untuk Mengecek Suhu, Berikut Cara Pakai Termometer Gun yang Tepat

termomenter untuk anak

Selama masa pandemi seperti ini, Pemerintah menganjurkan untuk masyarakatnya tetap mentaati berbagai protokol kesehatan yang telah ditetapkan ketika akan keluar rumah. Kini tiap kali akan memasuki sebuah tempat, diperlukan untuk mengecek suhu terlebih dahulu menggunakan termometer gun. Tentunya itu sebagai langkah untuk pencegahan penyebaran dari virus satu ini. Berikut akan diulas cara pemakaiannya yang tepat.

Cara Pakai Pengukur Suhu Tembak yang Tepat

1. Menggunakan Pengukur Suhu Klinik

Sebelum anda menggunakan pengukur suhu satu ini, pastikan anda harus memilih pengukur suhu yang klinik bukan industri. Pengukur suhu klinik dirancang khusus untuk mengecek serta mengukur suhu badan seseorang dengan rentang ukur 30 derajat Celcius hingga 42 derajat Celcius. Sehingga akan memberikan hasil pengukuran suhu badan yang tepat. Sedangkan untuk pengukur suhu yang industri punya ukur suhu tubuh yang lebih tinggi, yang nantinya bisa menimbulkan kesalahan.

Termometer gun

2. Pakai Sarung Tangan

Saat anda akan memakai pengukur suhu satu ini, maka anda harus menggunakan sarung tangan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari suhu panas yang dihasilkan dari telapak tangan anda akan berpengaruh pada pengukur suhunya. Pakailah sarung tangan baru atau yang baru dicuci, kemudian setelah itu anda bisa membuangnya apabila sarung tangan tersebut merupakan sekali pakai atau anda bisa mencucinya apabila sarung tangan tersebut bisa dipakai berkali-kali.

3. Cek Baterai Pengukur Suhu Tembak

Alat pengukur suhu satu ini, isi dayanya menggunakan baterai. Oleh sebab itu, sebelum menggunakannya hendaknya selalu mengecek baterainya. Karena semakin lama pengukur suhu dipakai, maka dayanya juga akan berkurang. Maka anda juga harus selalu menyediakan baterai cadangan untuk jaga-jaga. Karena berkurangnya daya tersebut akan mempengaruhi pada hasil pembacaan suhu tubuh anda.

4. Tempatkan Tepat di Depan Dahi

Untuk bisa membaca suhu tubuh anda, maka pengukur suhu tubuh satu ini harus ditempatkan tepat di depan dahi. Namun, bukan berarti menempel di dahi tetapi cara menggunakannya harus terdapat jarak antara alat pengukur suhu dengan dahi anda. Jarak ukur tersebut juga akan sangat mempengaruhi hasil pembacaan suhu. Apabila jaraknya terlalu jauh maka akan menyebabkan suhu badan terdeteksi lebih rendah daripada yang sebenarnya.

Termometer di dahi

Selain di dahi, ternyata alat pengukur suhu satu ini juga bisa dilakukan bagian tubuh yang lainnya asalkan berada di area permukaan kulit. Oleh sebab itu, tidak ada batasan untuk memilih area kulit dalam mengukur suhu tubuh menggunakan termometer tembak satu ini. Tetapi memang yang paling ideal adalah di area sekitar wajah. Karena jika dilakukan di tangan akan sulit untuk mendeteksi suhu tubuh.

5. Ulangi Pengukuran

Jika anda sudah mendapatkan suhu tubuh anda, maka ulangi cara tersebut satu kali lagi untuk memastikannya. Apabila suhu badan berada di atas 37,5 derajat Celcius maka itu menunjukkan bahwa anda mempunyai gejala demam. Namun sebaliknya, jika suhu tubuh anda berada di suhu di bawah dari 37 derajat Celcius tersebut maka anda berada dalam kondisi yang normal. Tetapi ternyata suhu yang berada terlalu rendah dari suhu tersebut akan membahayakan anda juga.

Dengan cara pemakaian dari alat pengukur suhu ini, diharapkan anda bisa menggunakannya sebaik mungkin untuk bisa mengecek suhu tubuh anda berada dalam kondisi yang normal atau tidak. Karena bisa saja pada kondisi di atas suhu normal, anda terkena gejala demam yang termasuk ke dalam ciri-ciri orang terkena paparan dari virus corona yang sedang mewabah ini. Oleh sebab itu, anda harus selalu mematuhi segala protokol yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *