Tips Yang Dapat Dilakukan Para Orang Tua Untuk Mempersiapkan Anak Hadapi New Normal

Orang Tua Untuk Mempersiapkan pandemi

Kondisi pandemi COVID-19 mungkin membuat para orang tua khawatir tentang kondisi anak-anak mereka. Saat ini, sejumlah negara termasuk Indonesia sedang memasuki masa transisi yaitu new normal life. Protokol kesehatan harus tetap dijalani saat melakukan kegiatan diluar rumah seperti memakai masker dan selalu mencuci tangan. Berikut simak beberapa tips mempersiapkan new normal yang dapat dilakukan oleh para ayah dan ibu.

Tips Untuk Mempersiapkan New Normal

1. Membuat Jadwal

Membuat jadwal kegiatan untuk anak akan membuat kondisi anak lebih stabil dan mengurangi kecemasan. Jadwal juga dipercaya dapat meminimalisir rasa kebosanan dan frustasi pada anak. Seorang profesor pediatri mengatakan bahwa cara penting mempertahankan kebiasaan rutin adalah dengan menjaga jadwal tidur anak agar tetap konsisten.

Orang Tua Untuk Mempersiapkan children

Selain itu juga dijelaskan selama proses belajar yang dilakukan dirumah secara daring, anak-anak cenderung tidur larut malam karena tidak perlu masuk sekolah dengan jadwal pagi seperti hari normal biasanya. Buatlah beberapa jadwal mulai dari jadwal tidur, jadwal makan, jadwal bermain, membaca buku, tidur siang, hingga jadwal menonton tv. Hal itu dilakukan agar kondisi anak tetap stabil.

2. Tidak Terlihat Cemas Di Hadapan Anak

Menghadapi pandemi COVID-19, seharusnya menjadi waktu yang tepat untuk saling belajar. Orang tua semestinya memiliki pengetahuan yang cukup sehingga tidak mudah cemas dengan segala ketidakpastian. Anda perlu mengelola tingkat kecemasan sendiri untuk memberikan jaminan keselamatan kepada para buah hati. Jangan pernah terlihat cemas saat sedang bersama anak, karena hal itu akan membuat mereka ikut cemas.

3. Batasi Informasi Tentang COVID-19

Membatasi paparan anak mengenai berita adalah salah satu cara lain untuk membantu meminimalisir kecemasan yang mungkin mereka rasakan. Namun, penting juga bagi anda untuk selalu menjawab dengan jujur pertanyaan yang sesuai dengan usia buah hati. Meski demikian bukan berarti anda mengabaikan informasi akan tetapi lebih jeli dalam melihat berita, mana yang bisa dimengerti anak dan yang tidak.

4. Mengajak Anak Melakukan Gaya Hidup Sehat

Mengajak anak untuk hidup sehat dan bersih akan menciptakan kebiasaan baru yang baik. Ajari anak untuk membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air, menutup mulut dengan lengan ketika sedang bersin atau batuk, serta menjaga jarak dengan orang-orang selain keluarga dekat. Selain mengajaknya menjalankan hidup sehat, anda juga harus bisa meyakinkan anak bahwa semua hal yang dilakukan tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan.

5. Buat Anak-Anak Sibuk

Memberi anak tugas untuk membuat mereka sibuk dan aktif juga merupakan cara yang baik untuk meredakan ketakutan dan kecemasan yang dirasakan oleh anak. Mengajak mereka berpartisipasi dalam membersihkan rumah, memasak, mencuci baju, merapikan baju dan kegiatan lainnya yang akan membuat anak merasa produktif dan memiliki keterampilan baru.

Orang Tua Untuk Mempersiapkan

6. Jangan Lupa Relaksasi

Penting bagi anda ayah dan ibu untuk tetap beraktivitas, namun juga jangan lupa untuk santai dengan memberi pelukan, bernyanyi dan membaca bersama buah hati. Anda bisa menciptakan suasana rumah menjadi hangat dengan bermain bersama buah hati. Biarkan anak bercerita dan anda sebagai ayah atau ibu hanya perlu mendengarkan keluh kesahnya. Mungkin ada unsur kesedihan yang dialami anak-anak karena tidak bertemu dengan teman seperti biasanya.

Bicaralah dengan jujur kepada buah hati tentang keadaan serupa juga dialami semua orang. Namun jangan menjerumuskan anak untuk menjadi semakin pesimis dan menyerah. Pastikan bahwa anda tidak membebani anak-anak dengan masalah orang dewasa atau menanamkan perasaan bersalah. Anda harus membuat anak tetap semangat menjalani hari-harinya meskipun tidak seperti pada biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *