Tips Untuk Pelajar Agar Tidak Bosan Saat Belajar Online

Pelajar Online Indonesia

Tak hanya memberikan dampak pada dunia kesehatan, pandemi COVID-19 juga berdampak pada dunia pendidikan. Sampai saat ini pemerintah masih memutuskan untuk meliburkan seluruh aktivitas pendidikan dan juga lembaga pendidikan. Namun, bukan berarti libur seperti saat liburan semester. Libur disini artinya semua kegiatan belajar dilakukan secara online. Berikut beberapa tips untuk pelajar agar tidak bosan saat belajar dirumah aja.

Tips Agar Tidak Bosan Saat Belajar Online

1. Tetap Bangun Pagi

Meski belajar dilakukan dirumah namun terapkanlah aktivitas seperti biasanya, salah satunya dengan memastikan bahwa anak selalu bangun pagi, sarapan tepat waktu, pakai baju yang rapi, hingga punya waktu istirahat untuk tidur siang. Rutinitas semacam ini justru akan membuat anak selalu bersemangat, meski kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online tanpa tatap muka langsung seperti biasanya.

jualan online untuk pelajar

Jika anak dibiarkan begitu saja maka mereka cenderung akan bermalas-malasan. Belajar dirumah bukan berarti libur, namun jelaskanlah sedetail mungkin mengapa kebijakan belajar dirumah diterapkan sekaligus sebagai sarana edukasi bahaya Corona. Terapkan kebiasaan ini agar anak tidak bosan saat melakukan kegiatan belajar secara online.

2. Ciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif

Menyediakan ruangan khusus yang kondusif dengan sirkulasi udara yang bagus adalah hal yang sangat penting untuk menjaga konsentrasi anak selama belajar dirumah agar tidak gampang teralihkan, sehingga belajarnya menjadi maksimal dan tidak terganggu. Saat anak mulai menunjukkan tanda-tanda bosan dan tidak fokus, maka ajak ia untuk rehat sejenak dan tanyakan cara belajar apa yang ia sukai.

3. Buat Jadwal Seperti Jam Belajar Di Sekolah

Membuat jadwal seperti jam belajar di sekolah akan membuat anak sadar bahwa belajar dirumah bukan berarti libur sehingga bisa bermalas-malasan. Jadwal sangat penting untuk tanggung jawab anak agar ia bisa tepat waktu dan konsisten. Buatkan jadwal kapan anak istirahat, belajar, main, makan serta kapan berakhir. Karena tidak boleh keluar rumah, tentu orang tua perlu kreatif agar anak betah dirumah.

4. Sediakan Cemilan

Meskipun secara fisik tidak bergerak namun kegiatan belajar tentunya membuat tenaga terkuras karena otak yang selalu digunakan untuk berpikir. Agar tetap semangat dan tak lelah saat belajar, setidaknya sediakan cemilan secukupnya. Siapkan cemilan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sereal, dan aneka camilan dengan kalori tinggi lainnya.

5. Jauhkan Benda Yang Membuat Belajar Menjadi Kurang Fokus

Belajar dirumah pasti tak akan luput dari gangguan-gangguan yang dapat memecah konsentrasi saat belajar. Gangguan tersebut biasanya datang dari televisi, mainan maupun smartphone. Rumah memang sejatinya adalah tempat tenang dan beristirahat, sehingga tak heran jika terdapat banyak hal yang dapat memecah konsentrasi saat belajar menjadi kurang fokus.

Pelajar Online

6. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Untuk menyiapkan segala materi pembelajaran maka diperlukan koneksi internet. Jika koneksi internet buruk maka cenderung akan membuat pelajar badmood dan bosan saat mengikuti kegiatan belajar online. Koneksi internet yang baik akan memudahkan untuk tetap terhubung dengan guru saat belajar dirumah. Oleh karena itu sebelum memulai kelas online sebaiknya pastikan koneksi internet baik.

7. Pastikan Ruangan Memiliki Pencahayaan Yang Maksimal

Agar mata dan kepala tidak pusing ketika menghadap laptop atau gadget terlalu lama, maka perhatikan pencahayaan yang ada di ruang belajar sudah maksimal. Jangan sampai ruangan yang digunakan untuk belajar tersebut minim pencahayaan. Hal tersebut dikarenakan akan membuat mata rusak dan kepala pusing, akibat harus berhadapan dengan laptop atau gadget dalam durasi yang cukup lama.

Selain itu, belajar ditempat yang redup atau gelap akan membuat siswa malas. Mata akan bekerja keras melihat sehingga lama-kelamaan akan membuat mata cepat lelah dan mengantuk lebih cepat. Jadi sebelum kegiatan belajar mengajar secara online dimulai, pastikan pencahayaan di ruangan yang akan digunakan sudah maksimal. Itulah beberapa tips agar anak tidak mudah bosan saat belajar online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *