Tips Mudah Menghilangkan Patah Hati Supaya Cepat Move On

Patah hati memang bukan perasaan yang disukai. Patah hati biasanya terjadi setelah kandasnya cinta yang selama ini dibangun. Efek dari patah hati berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang lebih suka berdiam diri dan ada pula yang mencari teman untuk mengisi kekosongan. Jika tidak diatasi dengan baik, patah hati bisa menumbuhkan dendam dan bahkan kecenderungan melakukan tindak kriminal pada mereka yang memiliki masalah pada keseimbangan emosi. Oleh karena itu, anda yang sedang patah hati sebaiknya mengetahui cara menghilangkan perasaan ini. Menghilangkan patah hati tidak mudah dan butuh kesabaran. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan.
1.Sibukkan Diri
Cara paling ampuh untuk menghilangkan rasa sakit akibat patah hati adalah dengan menyibukkan diri. Anda bisa menambah kesibukan dengan melakukan kegiatan di luar seperti olahraga, mengikuti organisasi-organisasi baru, dan menyibukkan diri dengan kegiatan yang disukai seperti menggambar, merajut, bernyanyi, dan lainnya. Kebanyakan waktu senggang dikhawatirkan membuat anda selalu teringat dan rindu dengan sosoknya. Hal ini yang membuat rata-rata orang susah move on. Sibukkan diri anda dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang berguna sehingga anda tidak sering teringat sosoknya.
2.Menerima
Cara kedua adalah menerima dengan lapang dada apa yang telah terjadi. Meski terdengan mudah, proses ini adalah proses yang paling sulit. Jika sudah menerima, anda akan merasa lega dan tidak tersakiti. Selain itu, anda juga bisa berdamai dengan masa lalu dan mengikhlaskan kepergian sosoknya. Tahap pertama yang bisa anda lakukan untuk menerima apa yang terjadi adalah dengan memahami perjalanan hubungan serta masalah-masalahnya. Anda yang menjalani hubungan dengannya berarti anda pula yang lebih mengerti lika-liku perjalanan hubungan. Dengan memahami masalah yang terjadi pikiran anda bisa terbuka dan menerima mengapa hubungan yang anda bangun selama ini bisa kandas. Misalkan, anda memang benar-benar mencintainya tapi di lain sisi dia sering selingkuh. Setelah hubungan kandas, anda mungkin menyesali dan merindukan sosoknya. Oleh karena itu, anda harus mengevaluasi hubungan yang selama ini anda jalani dan memahami masalah-masalah yang terjadi. Selingkuh bukanlah perilaku yang bisa dibenarkan dari segi manapun. Oleh karena itu, jika sudah memahami masalah yang menyebabkan hubungan retak diharapkan anda bisa menerima mengapa akhirnya hubungan anda kandas.
3.Menghilangkan Akses
Beberapa orang mungkin merasa tidak perlu menghilangkan akses dengan mantan. Tapi, mungkin anda perlu mempertimbangkannya jika waktu senggang anda diisi dengan merindukan kehadiran mantan. Tanda-tanda anda masih belum melepaskannya adalah anda masih sering melihat-lihat akun sosial media mantan, penasaran dengan apa yang dia lakukan, membaca chat lama, melihat-lihat foto lama. Keadaan ini bisa lebih buruk jika mantan anda masih suka menghubungi. Hal ini bisa membuat anda susah move on dan justru akan menambah rasa patah hati. Oleh karena itu, sebaiknya anda memblokir semua akses mantan untuk menghubungi anda. Dengan begitu, penyembuhan luka hati bisa dilakukan lebih cepat.
Kesimpulannya, patah hati bisa hilang dengan sendirinya ketika luka psikis tidak dalam. Namun, jika anda menghadapi kesulitan-kesulitan lainnya seperti stress, susah tidur, dan tidak selera makan dalam jangka waktu yang lama, anda mungkin membutuhkan bantuan profesional. Profesional seperti psikolog tahu apa yang harus anda lakukan untuk menghilangkan patah hati. Jika patah hati begitu menyakitkan ada kemungkinan anda akan diberi obat penenang sampai measa lebih baik. Kuncinya adalah jangan menengok masa lalu dan terus bergerak maju. Masa lalu membentuk anda menjadi orang hebat seperti sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *