Sudah Tahu Manfaat dan Cara Kirim Barang Menggunakan Resi Otomatis? Simak di Sini

resi otomatis pengiriman

Memiliki usaha online shop memang sangat menguntungkan penjualan dapat dilakukan secara praktis dengan mengunggah barang yang dijual. Bila ada pemesanan, penjual tinggal mengirim barang tersebut ke alamat pembeli. Biasanya saat mengirim barang, pengirim harus mencantumkan nomor resi. Namun saat ini beberapa situs online menyediakan fitur resi otomatis. Apa kelebihan fitur ini dan bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasan berikut.

Manfaat Mengirim Barang dengan Kode Paket Otomatis

Ada banyak keuntungan yang diperoleh penjual ketika menggunakan fitur ini, salah satunya memudahkan penjual melakukan pengiriman barang. Jika memilih fitur ini, maka anda tidak perlu lagi memasukkan nomor resi ke halaman transaksi sesudah mengirim barang karena nomor tersebut secara otomatis akan langsung terinput ke sistem toko online pada saat penjual melakukan pengiriman barang.Tentu hal ini dapat meminimalisir resiko kesalahan saat menginput resi.

resi otomatis lebih praktis

Pasalnya beberapa pengirim barang biasanya tidak memasukkan nomor resi yang tepat karena terlalu banyak angka yang dimasukkan secara manual sehingga menggunakan fitur ini dinilai lebih praktis dan cepat. Selain itu, menggunakan fitur ini juga menguntungkan dari segi tenaga dan waktu. Kurir kirim paket kan mengambil barang ke alamat rumah anda jika anda memilih pengiriman kurir jemput barang. Jenis pengiriman ini dapat dilakukan setiap hari pada jam 08.00 hingga 20.00.

Biasanya saat mengirim barang dagangan kepada customer, pengirim harus menalangi ongkos kirim terlebih dahulu. Beberapa situs jual beli memang sengaja menahan uang pesanan dan ongkos kirim sebelum barang tersebut benar benar sampai di tangan pembeli. Hal ini dilakukan oleh situs jual beli online tersebut untuk mencegah penipuan yang belakangan marak terjadi. Kondisi ini menyebabkan modal yang harus disiapkan oleh penjual menjadi lebih banyak.

Jika jumlah barang yang dikirim tidak terlalu banyak, mungkin hal ini tidak terlalu menjadi masalah. Namun, saat pengiriman barang ke alamat yang lebih jauh dan jumlah pengiriman semakin meningkat, tentu tarif ongkos kirim yang harus dibayar oleh pengirim juga lebih banyak. Dengan adanya fitur ini, pembeli tidak perlu lagi membayar ongkos kirim karena jasa pengiriman akan mengambil ongkir dari uang customer yang masih tersisa di situs jual beli tersebut.

Langkah Langkah Mengirim Barang Menggunakan Resi Secara Otomatis

Cara menggunakan fitur ini sangat mudah terutama bagi anda yang masih pemula. Langkah pertama yaitu memproses pesanan yang telah masuk. Selanjutnya di bagian pengiriman yaitu pada pilihan resi, pilih “resi otomatis”. Beberapa situs jual beli akan mengeluarkan kode booking setelah penjual melakukan konfirmasi sehingga anda tidak perlu repot repot lagi memasukkan nomor resi. Setelah mendapatkan nomor resi, anda tinggal mencetak atau mencatat nomornya.

resi otomatis komplain online jual customer

Selanjutnya tempelkan nomor tersebut pada paket yang akan dikirim dan anda tinggal memberikannya kepada jasa pengiriman paket. Perlu diingat jika anda harus memastikan agar alamat pengirim dan penerima barang yang dicantumkan dalam paket sudah sesuai dengan yang ada di website mengingat petugas akan mengecek terlebih dahulu sebelum dilakukan pengiriman. Jika pengirim tetap membayar ongkos kirim, maka uang tersebut dianggap sebagai tip ke kurir.

Menggunakan fitur resi terbaru yang disediakan oleh beberapa situs jual beli online ini memberikan keuntungan bagi penjual. Selain tidak perlu menginput nomor resi secara manual, pengirim barang juga tidak perlu menyiapkan ongkos kirim. Cara mengirim paket dengan fitur ini juga sangat mudah karena sudah tertampil pada opsi resi. Agar pengiriman barang sampai di tangan membeli, pastikan jika alamat penerima barang sudah sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *