Sekolah Diliburkan, Yuk Simak Tips Belajar Online yang Efektif Selama Masa Pandemi

Belajar Online Efektif

Dampak yang diakibatkan oleh pandemi virus corona ini, membuat berbagai instansi pendidikan jadi diliburkan. Sehingga pemerintah menganjurkan untuk melakukan belajar secara online di rumah masing-masing. Oleh karena itu, belajar dengan mengandalkan teknologi dan jaringan internet jelas menjadi suatu hal yang baru. Sistem pembelajaran ini diterapkan agar pelajar tetap dapat menempuh pendidikan seperti biasanya. Berikut akan diulas tips belajar online yang efektif selama pandemi.

Tips Efektif Belajar Daring

1. Siapkan Ruangan Khusus

Ruangan yang khusus disini tidak harus sampai membuat ruangan baru di rumah anda. Cukup memanfaatkan ruangan yang jarang digunakan oleh keluarga anda. Bisa saja dengan menggunakan gudang, kamar kosong, atau kamar pribadi anda sendiri. Hal ini bertujuan agar saat anda sedang belajar secara daring, anda bisa mendapatkan suasana yang kondusif dan tidak terganggu oleh orang-orang.

Belajar Online yang Efektif

Suasana yang anda dapatkan juga akan lebih tenang sehingga anda bisa lebih fokus pada pembelajaran. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan ruangan tersebut sebelum atau setelah melakukan pembelajaran secara online, karena dengan ruangan yang bersih akan menciptakan kenyamanan bagi anda. Jika perlu tata dengan rapi pula ruangan anda tersebut, agar terlihat lebih indah dipandang.

2. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Setelah anda memastikan ruangan buat proses pembelajaran anda. Maka selanjutnya, anda harus pastikan koneksi internet yang anda gunakan saat belajar daring bisa stabil. Tak perlu kencang-kencang, yang penting sinyal yang anda dapatkan selalu stabil. Sehingga jika pembelajaran yang dilakukan lewat video conference, gambar dan suaranya tidak putus-putus. Terkadang ada beberapa materi pembelajaran yang menjadi tidak jelas jika gambar dan suara dari gurunya macet.

Sangat disarankan bagi anda untuk memasang internet kabel. Karena dengan koneksi yang diberikan akan jauh lebih stabil daripada menggunakan kartu provider internet. Meski sekarang kartu provider untuk internet banyak yang memberikan harga yang terjangkau, namun terkadang sinyal yang didapatkan lebih susah daripada sinyal internet kabel atau WiFi. Selain itu, dengan memasang internet kabel, keluarga anda juga bisa menikmatinya dan akan lebih hemat.

3. Menggunakan Headset atau Earphone

Dengan melakukan video conference untuk proses belajar secara daring, tentu akan menimbulkan suara dari video tersebut. Dan tentunya akan sangat terganggu jika ada suara-suara lain yang terdengar oleh anda, sehingga membuat anda tidak fokus pada pembelajaran. Oleh sebab itu, cobalah menggunakan headset atau earphone ketika mengikuti video conference agar anda bisa lebih fokus lagi mendengar yang dijelaskan oleh guru.

Anak yang Belajar Online Mengapa Orang Tua yang Panik

4. Screenshoot dan Buat Catatan

Sama seperti proses belajar di kelas biasanya, anda bisa mencatat berbagai materi yang disampaikan oleh pengajar anda saat belajar online. Tujuannya agar anda bisa mereview ulang suatu saat nanti. Selalu perhatikan apa yang disampaikan oleh guru anda, jangan menjadi cuek dan tidak mau mencatat gara-gara belajarnya melalui online. Apabila guru menjelaskan menggunakan power point, maka screenshoot beberapa hal penting yang sekiranya belum sempat anda catat.

Dengan berbagai tips belajar daring di atas, diharapkan anda bisa lebih fokus dalam sistem pembelajaran di masa pandemi seperti ini. Sistem ini diberlakukan tentunya memiliki tujuan yang baik bagi anda dan orang di sekitar anda. Yakni demi memutus tali penyebaran virus corona yang sedang mewabah serta untuk mengurangi korban yang terkena virus satu ini. Walaupun begitu, anda juga harus tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol meski di dalam rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *