Ragam Cara Mengolah Orek Tempe

resep orek tempe

Siapa yang tak kenal dengan tempe? Semua orang di Indonesia pasti tahu akan jenis bahan ini. Terbuat dari kacang kedelai pilihan yang difermentasi, menjadikan tempe makanan yang kaya akan protein. Namun, hambar rasanya jika Anda memakannya hanya dengan di goreng saja tanpa ada bumbu tambahan. Maka dari itu, salah satu cara supaya rasa dari tempe lebih sedap, coba untuk membuat resep orek tempe seperti langkah berikut.

6 Cara Membuat Orek Tempe Yang Sedap

1. Menyiapkan Bahan dan Bumbu

Untuk membuat hidangan ini, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan keseluruhan bahan. Pilihlah tempe yang bagus kualitasnya atau yang baru saja dibuat. Biasanya tekstur dari tempe terlihat padat dan jamurnya merata, sehingga agak keras. Selanjutnya, siapkan 4 butir bawang merah, dua siung bawang putih, 5 cabai hijau keriting, 5 buah cabai rawit, kecap manis, saus tiram, kaldu ayam, lengkuas dan daun salam.

bahan resep orek tempe

2. Memotong Bahan

Setelah semua bahan telah siap, potonglah tempe dengan bentuk dadu berukuran 1 x 1 cm. Kemudian iris tipis bawang merah dan bawang putih yang sebelumnya harus dicuci terlebih dahulu. Selain cabai hijau keriting, Anda juga bisa menggunakan cabai hijau besar sebagai opsi. Menggunakan cabai pada menu ini juga akan mempercantik penampilan dari masakan selain untuk menambah rasa.

resep orek tempe cara potong

3. Menggoreng Tempe

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menggoreng potongan tempe yang sudah Anda persiapkan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai menggoreng tempe. Salah satunya adalah memanaskan terlebih dahulu minyak gorengnya. Setelah itu, masukkan tempe dan tunggu hingga sedikit kekuningan. Perlu diingat, untuk memasukkan tempe ke dalam penggorengan harus berhati – hati agar tidak terciprat minyak panas.

resep orek tempe tumis

4. Menumis Bumbu

Panaskan dua sendok makan minyak sayur di dalam wajan, lalu tumis semua bumbu. Namun, untuk memasaknya Anda harus memasukkan bumbu secara bergantian. Yang pertama, masukkan bawang merah dan bawang putih hingga aromanya sedikit menyengat. Setelah itu, barulah campurkan irisan cabai hijau dan cabai rawit di resep hidangan ini. Langkah selanjutnya, adalah mengaduk hingga layu.

masak resep orek tempe

5. Masukkan Bahan Utama

Setelah memastikan bumbu yang ditumis beraroma dan matang, Anda harus memasukkan tempe yang sudah digoreng. Lalu tambahkan bumbu lain seperti kecap, kaldu bubuk dan saus tiram ke dalam masakan. Untuk membuat bumbu meresap dengan sempurna, tuangi sedikit air lalu didihkan. Agar menambah cita rasa khusus, tambahkan lengkuas yang sudah digeprek dan daun salam. Terakhir, jangan lupa membumbui dengan garam dan merica bubuk.

resep orek tempe resep sambal goreng tempe

6. Masak Hingga Kering

Tidak berhenti sampai disitu saja, ketika membuat olahan tempe yang lezat ini. Setelah mencampur semua bahan dan menambahkan air ke dalam masakan, Anda harus terus memperhatikan hidangan yang Anda buat. Masak terus hingga air yang ada di wajan menguap hingga kering. Hal ini bertujuan untuk meresapkan bumbu ke dalam tempe serta membuat layu dari cabai. Setelah terlihat kering dan kecoklatan, angkat dan sajikan resep orek tempe ini.

resep orek tempe tumis tempe kecap manis

Itulah enam cara untuk membuat masakan dari tempe. Tempe yang dipadukan dengan bawang merah, bawang putih, kecap dan cabe menghadirkan rasa gurih manis pedas dalam satu masakan. Menu sederhana ini bisa dibuat sangat mudah karena hanya dengan menumis dan mencampur semua bahan. Selain itu hidangan ini sangat cocok untuk pemula yang baru bisa memasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *