Permudah Transaksi Keuangan dengan Teknologi Transaksi Digital

BRIVA BRIAPI tiket kereta api online

Saat ini, hampir semua aktivitas yang dilakukan oleh manusia dilakukan dengan menggunakan teknologi digital dan sistem online. Hal ini dilakukan karena manusia membutuhkan suatu sistem yang mudah dan cepat dilakukan. Oleh karena itu, mereka akan mencoba untuk meminimalisasi waktu yang dibutuhkan dalam teknologi konvensional dengan menggunakan teknologi digital. Hal ini juga berlaku pada transaksi keuangan.

Seperti yang telah diketahui, sebelumnya masyarakat yang ingin transfer atau melakukan pembayaran harus datang ke Bank, ATM, atau outlet pembayaran untuk melakukan transaksi secara manual. Hal ini tentu membutuhkan waktu yang cukup lama mengingat ada beberapa prosedur yang harus dilakukan. Akan tetapi, permasalah ini dapat diatasi dengan menggunakan transaksi keuangan berbasis digital. Beberapa bank mulai menggunakan beberapa teknologi seperti Virtual Account (VA) dan Application Programming Interference (API). Salah satunya adalah bank BRI yang menyediakan layanan BRIVA BRIAPI. Apa yang dimaksud dengan VA dan API? 

BRIVA BRIAPI register

Banyak orang yang mengira bahwa nomor VA dan rekening adalah sama. Akan tetapi, pada dasarnya VA dan rekening bank berbeda. Secara umum, Virtual Account adalah sebuah ID yang dibuat oleh bank saat akan melakukan transaksi. Oleh karena itu, setiap kali customer melakukan transaksi maka ia akan mendapatkan nomor ID Virtual Account. Selain itu, untuk meningkatkan keamanan, maka setiap customer akan mendapatkan nomor yang unik. Sehingga, setiap customer tidak akan tertukar nomor VA yang mereka miliki. Virtual Account dapat digunakan dalam berbagai macam proses transaksi dan dapat dikonfirmasi secara otomatis. Sedangkan Application Programming Interface (API) secara khusus dikembangkan oleh BRI. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada customer dan memudahkan customer dalam melakukan proses transaksi keuangan. Dengan menggabungkan kedua teknologi ini yaitu VA dan API, BRI kemudian menyediakan sebuah layanan yang bernama BRIVA BRIAPI

BRIVA BRIAPI gedung bri

Bagi para customer atau nasabah bank yang ingin menggunakan layanan BRIAPI dapat melakukan beberapa prosedur pendaftaran. Pertama, para nasabah harus mengisi beberapa data diri dalam sebuah formulir. Mereka bisa mengakses pada Sandbox BRIAPI. Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran, nasabah bisa memilih produk dari BRI yang ingin digunakan. Selanjutnya, nasabah bisa mengembangkan produk tersebut dengan aplikasi yang didukung oleh Sandbox. Kemudian, BRI akan memverifikasi data yang dikirimkan oleh nasabah. Jika proses verifikasi selesai dilakukan, maka BRIAPI dan aplikasi yang dibuat oleh nasabah sudah terhubung. Ada banyak penggunaan BRIAPI dan VA yang disediakan oleh BRI. Salah satunya bagi para penggiat bisnis travel yang dijalankan secara online. Para pemilik usaha online travel bisa melayani para customer dengan cepat. Sementara itu, para customer bisa melakukan pembayaran berikut dengan proses verifikasinya. Semua proses tersebut sudah terdeteksi secara otomatis oleh sistem. Hal ini tentu memudahkan bagi para pemilik usaha dan customer yang tidak perlu mengeceknya secara konvensional. 

Selain itu, BRIAPI juga memberikan akses kepada para customer untuk mengetahui kantor cabang BRI yang terdekat. Sehingga, ketika customer mengalami masalah atau ingin memperbarui transaksi, mereka bisa datang ke kantor cabang BRI terdekat. Selain itu, sistem keamanan yang dimiliki oleh BRIAPI dan BRIVA juga telah terjamin.  Hal ini dibuktikan dengan adanya sertifikasi ISO 27001 yang menjadi penjamin bahwa keamanan sistem BRIAPI dan BRIVA. Oleh karena itu, kedua layanan ini bisa menjadi salah satu solusi transaksi keuangan yang cepat dan aman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *