Minum Air Es Bikin Badan Semakin Gemuk? Simak Mitos dan Faktanya disini

Air Es Bikin Badan Semakin Gemuk ini

Minuman dingin banyak digemari oleh banyak orang, terlebih di cuaca yang sedang terik. Air es biasanya menjadi pilihan untuk mengatasi rasa dahaga. Bagi penggemar minuman dingin mungkin sudah tidak asing dengan informasi bahwa minum air es bikin badan semakin gemuk. Banyak yang berspekulasi informasi tersebut mitos dan ada yang menyebutnya fakta. Simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Pendapat Menurut Ahli

Informasi yang tersebar di lingkup masyarakat ini membuat sebagian orang bertanya – tanya kebenaran dari air es penyebab kenaikan berat badan. Pendapat para ahli diperlukan guna meluruskan informasi tersebut menggunakan ilmu dan data yang tertera dengan nyata. Banyak dari berbagai peneliti melakukan penelitian tentang konsumsi air es dan juga dampaknya.

Air Es Bikin Badan Semakin Gemuk Minum Es Saat Haid Bikin Darah Membeku Mitos atau Fakta

Pada penelitian yang pernah dilakukan oleh para ahli dan publikasinya pada Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menyatakan bahwa air dingin atau air es yang diminum tidak akan menyebabkan badan semakin gemuk. Penelitian tersebut mendapatkan hasil bahwa air es bisa membantu menaikkan suhu tubuh saja bukan pada kenaikan bobot badan.

Air es yang dikonsumsi tidak bisa membekukan lemak dalam tubuh, sehingga tidak ada kemungkinan air es menyebabkan bobot badan semakin gemuk. Namun apabila anda mengkonsumsi air es dengan kandungan gula yang banyak dan intensitas yang sering. Maka bisa mempengaruhi kandungan kalori dan glukosa tubuh yang bisa menyebabkan bobot badan meningkat.

Penelitian yang lainnya yang dilakukan oleh para ahli di University of Ottawa juga menyetujui bahwa air es bisa menaikkan suhu tubuh. Sedangkan pada air hangat bisa menaikkan suhu tubuh. Tidak ada hasil penelitian yang menyatakan bahwa air es bikin badan semakin gemuk. Sehingga dipastikan hasil informasi tersebut termasuk mitos belaka.

Fakta Fakta Mengenai Konsumsi Air Es

Setelah mendapatkan informasi dari para ahli bahwa air es bisa digunakan untuk menurunkan suhu tubuh, ternyata konsumsi air es juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ada berbagai fakta tentang konsumsi air es bisa berguna bagi tubuh tidak hanya sebagai penghapus dahaga di kala cuaca terik. Fakta ini membuat anda menjadi tidak khawatir lagi untuk minum air es.

Air Es Bikin Badan Semakin Gemuk itu

Air dingin yang dikonsumsi dapat membantu tubuh meningkatkan laju metabolisme. Saat air dingin memasuki tubuh maka karbohidrat dan juga lemak dibakar untuk menghasilkan energy yang berguna untuk menyeimbangkan suhu tubuh menjadi panas. Akan lebih baik apabila konsumsi air dingin tanpa tambahan gula atau sirup dan sejenisnya. Sehingga tidak menambah kalori tubuh.

Minum air putih tanpa kandungan gula akan memperlancar sistem pencernaan dan menjaga berat badan tetap optimal meskipun air putih tersebut adalah air es. Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa air es bisa menurunkan berat badan. Clive M. Brown menyatakan bahwa segelas air dingin dapat membakar sekitar 7 kalori ekstra dalam tubuh manusia.

Apabila minum es sebanyak 10 gelas per harinya bisa membakar kalori berkisar 490 kalori dalam seminggu. Apabila dilakukan secara rutin bisa menurunkan berat badan dari 7 pound hingga 3 kg. Namun disisi lain, minum air es juga bisa menimbulkan resiko bagi tubuh. Peneliti terus menemukan berbagai fakta mengenai air es dan memiliki hasil yang berbeda beda.

Itulah pendapat para ahli dan juga beberapa fakta mengenai konsumsi air es. Dapat disimpulkan bahwa air es tidak menyebabkan kenaikan bobot badan, melainkan hanya dapat menurunkan suhu tubuh saja. Sehingga dipastikan bahwa informasi tersebut adalah mitos. Air es cukup membantu metabolisme tubuh dan menjaga bobot badan selama tidak ditambah dengan gula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *