Mengintip Macam-Macam APD Untuk Mencegah Tertular dari Covid-19

APD Mengenal Alat Pelindung Diri Hazmat Suit untuk Petugas Kesehatan di Rumah Sakit

Virus penyebab Covid-19 ini sangat mudah menyebar dan menular. Oleh sebab itu, dengan menggunakan alat pelindung diri perlu dilakukan guna mengendalikan dan mencegah infeksi dari virus satu ini. Alat pelindung diri atau APD merupakan seperangkat perlengkapan yang berfungsi untuk melindungi penggunanya dari bahaya atau gangguan kesehatan tertentu, seperti infeksi virus dan bakteri. Untuk itu, berikut akan diulas macam-macamnya.

Macam-Macam Alat Pelindung Diri Untuk Cegah Penularan Covid-19

1. Masker

Alat pelindung diri yang pertama ini umumnya terdiri dari dua jenis yang digunakan dalam penanganan pasien Covid-19 yaitu masker bedah dan masker N95. Untuk masker bedah sendiri merupakan masker penutup wajah yang terdiri dari tiga lapisan bahan yang digunakan hanya sekali pakai saja. Masker satu ini dinilai efektif untuk mencegah masuknya virus melalui mulut dan hidung, ketika ada droplet yang dikeluarkan oleh penderita Covid-19.

apd masker covid

Masker yang lebih efektif selanjutnya adalah masker N95, yang terbuat dari bahan polyurethane dan polypropylene. Kedua bahan tersebut mampu menyaring hampir 95 persen partikel yang berukuran kecil. Masker satu ini memiliki bentuk yang dapat menutup area mulut dan hidung dengan lebih rapat, bila ukurannya sesuai dengan pemakai. Namun sayangnya, masker N95 ini hanya diperuntukkan bagi tenaga medis saja.

2. Pelindung Mata

Selanjutnya adalah alat pelindung mata atau sering disebut dengan google. Alat satu ini terbuat dari bahan plastik yang transparan yang memiliki fungsi untuk melindungi mata dari paparan virus yang dapat masuk ke dalam tubuh melalui mata. Pelindung ini juga harus bisa pas menutupi area mata, serta tidak mudah berkabut atau berembun agar tidak mengganggu penglihatan sang pemakainya.

3. Pelindung Wajah

Sama halnya dengan alat pelindung diri sebelumnya, pelindung wajah ini juga terbuat dari bahan plastik jernih dan transparan. Biasanya alat satu ini disebut juga dengan face shield. Alat ini dapat menutupi seluruh area wajah, mulai dari dahi hingga dagu. Pemakaiannya harus dibarengi dengan masker dan pelindung mata. Karena pelindung wajah ini melindungi area wajah agar terhindar dari percikan air liur atau dahak saat pasien Covid-19 saat batuk, bersin maupun berbicara.

4. Gaun Medis

Gaun medis ini bisa digunakan untuk melindungi area lengan dan area tubuh lainnya dari paparan virus corona. Alat ini biasanya digunakan oleh tenaga medis saat melakukan prosedur penanganan dan perawatan pada pasien yang terdampak. Terdapat dua jenis gaun medis berdasarkan penggunaannya, yaitu gaun medis sekali pakai dan gaun medis yang bisa dipakai berulang kali.

apd medis gaun

Gaun yang sekali pakai merupakan gaun yang dirancang khusus untuk dibuang setelah satu kali pakai. Bahan pembuatannya yaitu dari bahan serat sintetis, seperti polypropylene, poliester, dan polyethylene yang dikombinasikan dengan plastik. Sedangkan untuk gaun yang bisa dipakai ulang merupakan gaun yang dapat digunakan lagi setelah dicuci atau dibersihkan. Bisa dipakai maksimal hingga 50 kali, selama gaun ini tidak robek atau rusak.

5. Sarung Tangan Medis

Sarung tangan medis ini digunakan untuk melindungi tangan para tenaga medis dari cairan atau permukaan tubuh pasien yang terdampak oleh virus corona. APD satu ini idealnya tidak mudah sobek, aman digunakan, serta ukurannya yang pas di tangan. Sarung tangan yang sesuai standar penanganan Covid-19 haruslah terbuat dari bahan lateks atau kret, polyvynil chloride (PVC), nitrile, dan polyurethane.

Itulah beberapa jenis alat pelindung diri yang digunakan khusus oleh tenaga medis dalam penanganan pasien yang telah terdampak virus corona. Selain kelima jenis tersebut, ada alat pelindung diri lainnya yaitu penutup kepala dan sepatu pelindung. Tentunya untuk penggunaan dari alat pelindung diri ini terdapat beberapa prosedurnya, jadi tidak sembarangan untuk memakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *