Mau Bepergian? Simak 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Bagi Penumpang Kendaraan Umum

Petugas mengecek suhu tubuh penumpang sebelum menaiki bus Penumpang ini Kendaraan Umum

Saat ini pasien positif Covid-19 di Indonesia semakin bertambah, bahkan banyak yang sampai meninggal dunia. Situasi seperti ini membuat masyarakat Indonesia dirundung kecemasan. Berbagai upaya dan kebijakan telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk memperlambat penyebaran dari virus tersebut. Kendaraan umum saat ini juga sangat dihindari. Namun, bagi para penumpang yang terpaksa bepergian ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ulasannya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat di Kendaraan Umum

1. Selalu Menggunakan Masker Mulut

Saat anda menaiki transportasi umum, selalu usahakan untuk mengenakan masker untuk melindungi hidung serta mulut anda. Meski kini masker medis atau bedah sudah mulai langka, bahkan harga di pasaran pun semakin melonjak. Banyak masyarakat yang membuat berbagai jenis masker kain sebagai alternatifnya. Memang tidak seefektif masker bedah, namun dengan menggunakan masker kain akan menghambat penyebaran virus.

ini Penumpang Kendaraan Umum

2. Selalu Membawa Hand Sanitizer

Selain mengenakan masker, selalu bawa hand sanitizer sebagai perlengkapan kebersihan anda dimanapun itu, terutama saat berada di dalam kendaraan umum. Pastikan hand sanitizer berada di dalam tas anda. Selalu bersihkan tangan anda sebelum dan sesudah keluar dari transportasi umum yang telah anda naiki. Karena rasanya tidak mungkin jika anda tidak menyentuh apapun selama perjalanan di dalam kendaraan umum.

Ada kalanya anda harus memegang pegangan tangga, pegangan bus, atau kursi. Sebenarnya hal tersebut tidak masalah sama sekali, asalkan anda harus selalu ingat untuk segera membersihkan tangan anda menggunakan hand sanitizer. Tempat yang paling cocok untuk anda menaruh barang satu ini adalah di kantong terluar tas atau bisa anda gantung di tas anda. Sehingga saat akan mengambilnya, anda tidak perlu menyentuh bagian dalam tas yang berisi banyak barang.

3. Usahakan Tidak Menyentuh Apapun Di Dalam Kendaraan Umum

Ketika anda sedang naik kereta, MRT, ataupun bus maka usahakan untuk tidak sering menyentuh apapun yang ada di dalam kendaraan tersebut. Namun, jika anda terpaksa untuk berdiri, maka lapisi tangan anda menggunakan tisu ketika berpegangan dengan handrail. Hal ini bertujuan agar tanganmu tetap terlindungi dan tidak terpapar dari kuman ataupun virus yang menempel pada pegangan tersebut.

4. Jaga Jarak Antar Orang Di Dalam Kendaraan

Sampai saat ini, kendaraan umum seperti MRT, bus, dan kereta sudah mulai dioperasikan. Transportasi umum tersebut telah disesuaikan agar orang-orang di dalamnya tetap bisa jaga jarak satu sama lain. Salah satunya adalah dengan melarang penumpang untuk duduk bersebelahan. Ada kursi yang diberikan tanda silang, yang berarti tidak boleh ditempati. Dengan begitu, setiap orang masih bisa jaga jarak aman dan tetap bisa naik kendaraan umum dengan aman.

Penumpang Kendaraan Umum

5. Pilih Pembayaran Non-Tunai

Saat ini memang sudah banyak jenis moda transportasi umum yang menggunakan pembayaran non-tunai seperti kereta api, MRT, pesawat, dan lainnya. Anda bisa memesan tiket dan membayarnya secara online lewat aplikasi atau website yang telah disediakan. Sehingga anda tidak perlu bersusah-susah mengantri di loket pembelian tiket. Dengan begitu, anda bisa terhindar dari kemungkinan terkena virus.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi anda yang ingin melakukan bepergian menggunakan transportasi umum. Yang paling penting saat di dalam kendaraan adalah untuk tidak menyentuh area wajah anda seperti mulut, hidung dan mata. Karena dikhawatirkan virus yang menempel di tangan anda bisa menyebar melalui wajah anda tersebut. Setelah turun dari kendaraan, jangan lupa juga untuk mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *