Ketahui Ukuran Normal Lingkar Pinggang dan Waspadai Bahayanya

Berat badan berlebih adalah gerbang munculnya berbagai penyakit. Jika anda sudah memiliki kesadaran untuk menjaga berat badan tetap ideal, hal tersebut sudah sangat bagus. Namun tahukah anda bahwa ada cara lain untuk mengukur sebaik apa kesehatan anda? Salah satu cara tersebut adalah dengan mengukur lingkar pinggang. Mungkin bagi anda cara ini terdengar sedikit aneh, padahal lebar ukuran pinggang bisa mengindikasikan rentannya anda terkena penyakit tertentu. Untuk wanita, jika lebar pinggang anda di atas 80, anda patut waspada. Sedangkan untuk pria, jika lebar piinggang lebih dari 90 anda juga sebaiknya waspada. Ukuran tersebut mengindikasikan kalau anda sedang diperingatkan untuk lebih berhati-hati. Penumpukan lemak di sekitar perutlah yang mempengaruhi lebarnya pinggang. Menurut seorang rpofesor dari University of Birmingham bernama Anthony Barnett, lebar pinggang yang melebihi batas dapat membuat anda lebih mudah terkena penyakit jantung maupun diabetes hingga empat kali lipat. Lantas, apa yang bisa anda lakukan untuk menjaga agar ukuran pinggang anda tidak melebihi batas normal? Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan.
1.Hindari Lemak Jenuh
Selain penumpukan lemak di sekitar perut, usus yang membesar juga bisa membuat pinggang anda melebar. Apa yang membuat usus anda lebar? Salah satu penyebabnya adalah junk food. Orang Indonesia memang identik dengan makanan yang selalu digoreng. Padahal, makanan yang digoreng dengan minyak kelapa sawit memiliki tingkat lemak jenuh yang tinggi, telebih lagi jika minyak tersebut sudah dipakai menggoreng berkali-kali. Hal ini bisa mengotori usus anda dan membuat usus menjadi besar dengan adanya penumpukan kotoran. Ada baiknya anda mengurangi makanan yang digoreng. Ganti dengan makanan yang direbus atau dikukus. Misalkan anda sangat ingin makanan yang digoreng, anda bisa mengganti minyak dengan minyak jagung. Selain itu, jika anda memiliki budget lebih anda bisa membeli mesin air fryer. Mesin ini mampu menggoreng tanpa menggunakan minyak sama sekali.
2.Perbanyak Olahraga
Olahraga adalah cara jitu untuk membakar lemak jahat di sekitar perut. Ingat, anda tidak harus pergi ke gym untuk berolahraga. Anda bisa melakukannya di rumah. Jika anda bingung dengan gerakan olahraga, anda bisa membuka YouTube. Di sana ada banyak sekali berbagai video work out yang ditargetkan untuk membakar lemak jahat di sekitar perut. Jika anda masih pemula, anda bisa memilih video yang memang dibuat untuk orang baru.
3.Minum Air Putih
Cara ini memang terdengar klasik, tapi sebenarnya air putih punya banyak manfaat untuk kesehatan. Minum air putih satu sampai dua liter sehari. Dengan begitu, anda juga ikut merawat organ tubuh yang lain. Dengan minum air putih yang cukup, anda juga membersihkan usus dari kotoran-kotoran seperti lemak jenuh.
Lakukan cara-cara di atas untuk memperoleh ukuran lingkar pinggang di angka normal. jika dilakukan secara rutin, anda bisa mengecilkan ukuran pinggang sekaligus menjaga kesehatan. Tips lainnya adalah lebih sering mengkonsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah sangat baik untuk kesehatan karena tingginya serat dan berbagai zat lain. Dengan melakukan hal-hal di atas, anda sudah turut serta merawat organ dan menjaga kesehatan. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Yang perlu diperhatikan adalah jika berat badan anda normal tapi ukuran pinggang anda melebihi batas normal, sebaiknya anda berhati-hati dan segera menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *