Kenali Gejalanya! Berikut Ciri-Ciri Orang Terinfeksi Virus Corona

terinfeksi termometer

Kini perhatian dunia tengah tertuju pada masalah kesehatan yang diakibatkan oleh virus SARS-CoV-2, yang menjadi penyebab penyakit Covid-19. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menyatakan bahwa Covid-19 menjadi pandemi global. Seseorang yang terinfeksi penyakit ini akan memunculkan beberapa gejala tertentu. Untuk itu, berikut akan diulas ciri-cirinya.

Ciri-Ciri Orang Terkena Virus Corona

1. Napas Pendek

Sesak napas umumnya bukan merupakan gejala awal dari Covid-19, tetapi itu adalah gejala yang paling serius. Karena hal tersebut bisa terjadi dengan sendirinya, tanpa disertai batuk. Apabila dada anda terasa ketat atau anda mulai merasa seolah-olah tidak bisa bernapas cukup dalam untuk mengisi udara di dalam paru-paru, maka itu pertanda untuk bertindak cepat. Anda bisa segera menghubungi penyedia layanan kesehatan atau perawatan darurat setempat.

terinfeksi sesak nafas Sering Penyebabnya

Centers for Disease Control and Prevention (CD) menjelaskan bahwa terdapat tanda-tanda peringatan darurat yang lain dari penyebab adanya Covid-19, yaitu rasa sakit terus menerus atau tekanan di dada dan bibir atau wajah menjadi kebiruan. Kedua tanda tersebut bisa mengindikasi bahwa terjadinya kekurangan oksigen dalam tubuh. Sehingga hal yang perlu dilakukan adalah dengan segera mendapatkan perhatian dari medis.

2. Demam

Ciri-ciri selanjutnya adalah demam. Gejala satu ini juga merupakan tanda kunci seseorang terkena Covid-19. Manusia memiliki suhu normal yaitu 37,6 derajat Fahrenheit (37 derajat Celcius), para ahli tidak mematok berapa angka suhu demam yang dialami oleh seseorang. Sebab, setiap orang bisa mempunyai suhu demam yang berbeda. Sehingga bisa saja saja seseorang demam dengan suhu tubuh yang dingin.

Sementara itu, seorang Profesor Kedokteran Pencegahan Penyakit Menular di Vanderbilt University School of Medicine yaitu Dr. William Schaffner menyarankan bahwa pengecekan suhu sebaiknya dilakukan pada sore dan menjelang petang. Karena pada waktu-waktu tersebut, bisa dipastikan suhu seseorang menentukan orang tersebut berada dalam kondisi demam atau normal.

3. Batuk Kering

Gejala satu ini merupakan yang umum dari infeksi virus corona. Tetapi, batuk kering ini bukanlah batuk biasa. Karena batuk yang disebabkan oleh virus corona akan sangat mengganggu. Batuk kering yang terasa akan seolah-olah berasal dari sesuatu yang jauh di dalam dada. Untuk itu, apabila anda mendapati seseorang yang mengalami ciri khas tersebut maka segeralah untuk menghubungi pelayanan kesehatan terdekat.

4. Menggigil dan Tubuh Terasa Sakit

Salah satu koresponden CNN yang menderita Covid-19, mengatakan bahwa ia menggigil, tubuh terasa sakit, dan demam tinggi saat malam hari. Meski demikian, beberapa ahli menyebutkan bahwa tidak semua orang selalu mengalami reaksi parah. Beberapa mungkin tidak menggigil dan merasakan sakit apapun. Namun, penderita lain bisa saja mengalami kedinginan seperti kondisi flu ringan serta sendi atau otot akan pegal-pegal. Kondisi seperti ini muncul setelah seminggu atau lebih.

terinfeksi Jenis Jenis Termometer Alat Pengukur Suhu Tubuh

5. Masalah Pencernaan

Awalnya, para peneliti tidak menganggap diare atau masalah lambung sebagai tanda seseorang terkena Covid-19. Tetapi, pendapat tersebut kini berubah. Sebuah studi menunjukkan bahwa saat gejala awal terinfeksi beberapa penderita akan mengalami masalah pencernaan seperti diare. Pasien yang mengalami masalah seperti ini kebanyakan terlambat menjalani uji Covid-19 dibandingkan pasien yang lainnya.

Itulah beberapa gejala yang timbul pada seseorang yang terkena dampak dari virus corona. Cara terbaik untuk mencegah penularan virus tersebut tentunya dengan selalu mematuhi berbagai protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintahan. Seperti rajin mencuci tangan secara teratur, memakai masker penutup mulut dan hidung tiap kali keluar rumah, serta menjaga jarak aman dengan orang sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *