Keetahui Tips Diet Golongan Darah AB Beserta Makanan dan Pantangan

Setiap orang pasti ingin memiliki berat badan yang ideal, baik itu laki-laki maupun perempuan. Bagaimana cara mengetahui jika berat badan anda sudah ideal? Cara paling mudah adalah melakukan penghitungan manual yaitu tinggi badan dikurangi 110 untuk perempuan dan tinggi badan dikurangi 100 untuk laki-laki. Contohnya, jika anda perempuan yang memiliki tinggi badan 158, berat badan ideal anda adalah 158-110 yaitu 48. Anda yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas memang disarankan untuk diet. Karena, kelebihan berat badan bisa memicu penyakit-penyakit berbahaya seperti stroke, jantung, bahkan kolestrol. Sekarang ditemukan diet berdasarkan golongan darah, salah satunya adalah diet golongan darah AB. Sesuai namanya, diet ini dikelompokkan berdasarkan golongan darahnya. Mulai dari makanan yang sebaiknya dikonsumsi, dihindari, aktivitas yang sebaiknya dilakukan dan dihindari semua dikelompokkan sesuai dengan golongan darah.
Pola diet ini sebenarnya sudah lama dicetuskan oleh seurang naturopati yang bernama Peter D’adamo. Diet ini dipublikasikan dalam buku yang memiliki judul “Eat Right for Your Type” dan diterbitkan pada tahun 1966. Meski berusia sudah cukup lama, tipe diet ini ternyata masih populer sampai sekarang. Berikut akan dibahas makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi oleh golongan darah AB.
1.Tahu
Tahu sebagai sumber protein nabati direkomendasikan pada diet golongan darah AB. Tahu memang minim memicu alergi dan memiliki kandungan gizi yang lengkap. Oleh karen itu, makanan ini direkomendasikan untuk diet.
2.Kacang-Kacangan
Makanan selanjutnya adalah kacang-kacangan. Baik itu kacang tanah, kacang hijau, kacang polong, dan segala jenis kacang direkomendasikan untuk golongan darah AB yang sedang diet.
3.Susu dan Produk Olahannya
Berbeda dengan golongan darah lain, golongan darah AB justru disarankan untuk mengkonsumsi susu dan produk olahannya selama diet. Hal ini karena golongan darah AB jarang yang memiliki alergi terhadap diary product.
4.Sayuran Hijau
Sayuran berwarna hijau sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung zat besi. Untuk mencukupi kebutuhan zat besi selama diet, orang dengan golongan darah AB disarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau.
5.Seafood
Makanan terakhir yang direkomendasikan adalah seafood. Umumnya, orang dengan golongan darah A dan O alergi terhadap seafood. Namun hal ini tidak berlaku untuk golongan darah AB. Oleh karena itu, orang bergolongan darah AB dianjurkan untuk mengkonsumsi seafood. Seafood tinggi dengan protein hewaninya yang baik untuk kecerdasan otak.
Sekarang anda sudah mengetahui makanana apa saja yang sebaiknya dikonsumsi orang bergolongan darah AB saat diet. Selain rekomendasi makanan untuk dikonsumsi, ada juga beberapa makanan yang sebaiknya dihindari. Beberapa makanan tersebut adalah daging sapi dan ayam, terutama yang sudah berbentuk produk olahan seperti sosis, daging asap, nugget, dan lainnya. Selain itu, makanan yang sebaiknya dihindari lainnya adalah jagung dan kacang merah. Makanan-makanan tersebut sebaiknya dihindari oleh orang bergolongan darah AB jika sedang diet. Selain itu, agar diet anda sukses, golongan darah AB juga disarankan untuk melakukan olah raga. Tidak harus olah raga berat, olah raga ringan seperti jogging, skipping, atau jalan kaki sudah bisa mendukung diet. Diharapkan dengan melakukan olah raga, tubuh menjadi lebih segar dan bugar. Faktor pendukung berhasil atau tidaknya diet juga dipengaruhi lingkungan. Oleh karena itu, anda sebaiknya menghindari dulu untuk sementara lingkungan yang kurang mendukung jika ingin diet anda berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *