Jenis Coklat Tuk Membuat Es Krim

es krim rasa chocolate Cocoa putih

Es krim merupakan salah satu dessert berupa makanan beku yang terbuat dari susu dengan tambahan perasa dan pemanis. Salah satu es krim yang populer dan banyak digemari adalah es krim rasa chocolate. Sekarang, makanan dingin ini sangat mudah untuk dibuat bahkan dari rumah. Untuk membuat sendiri es krim coklat yang enak, anda perlu mengetahui jenis-jenis coklat yang memiliki cita rasa kuat dan pas untuk diolah menjadi rasa pada es krim.

Jenis Coklat Yang Enak Untuk Membuat Es Krim

1. Coklat Couverture

Coklat satu ini menjadi salah satu coklat dengan kualitas yang sangat baik. Couverture dibuat dari campuran cocoa mass dengan persentase 32-39 persen berbentuk pasta kental dari biji kakao, dan juga cocoa butter minimal sebanyak 54 persen. Kandungan cocoa butter yang sangat tinggi pada coklat ini, akan membuat es krim yang dibuat dengan olahan coklat ini memiliki rasa coklat yang lebih kaya dan juga tekstur yang lebih baik.

es krim rasa chocolate Coklat Couverture

Coklat dengan kualitas baik ini, cocok diolah menggunakan metode tempering atau pelelehan. Couverture yang leleh memiliki tekstur yang lebih bagus dan terlihat mengkilap. Sehingga, tampilan mengkilap ini cocok digunakan sebagai coklat celup. Untuk membuatnya sebagai es krim yang enak dan menarik, anda bisa mencelupkan es krim ke dalam lelehan coklat couverture. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga coklat mengeras dan menjadi lapisan es krim yang enak.

2. Coklat Putih

Tidak hanya menggunakan coklat biasa, anda juga bisa menggunakan coklat putih untuk membuat es krim coklat yang enak. Coklat putih memang berbeda dari kebanyakan coklat pada umumnya. Hal ini dikarenakan proses pembuatan coklat putih yang tidak sama dengan lainnya. Coklat putih terbuat dari mentega cocoa atau lemak nabati yang terbentuk pada saat proses penggilingan biji cacao. Kemudian lemak nabati atau mentega cocoa ini akan dicampur dengan susu dan gula yang menjadi cairan dasar sebagai bahan pembuatan mentega putih.

Meski tidak memiliki banyak penggemar seperti coklat biasa, namun olahan es krim dengan coklat putih tetap saja menjadi istimewa. Untuk membuat es krim lezat menggunakan coklat putih, anda bisa menjadikannya sebagai saus yang lezat. Siapkan beberapa scoop es krim, siram dengan saus coklat putih, tambahkan kacang tanah cincang yang sudah di sangrai. Kombinasi es krim, coklat putih, dan kacang-kacangan merupakan perpaduan yang pas.

3. Cocoa Butter

Cocoa butter atau dikenal sebagai mentega kakao merupakan lemak nabati yang diekstrak dari biji kakao. Mentega kakao biasanya didapatkan dari proses pembuatan coklat yang belum selesai. Lalu melalui proses selanjutnya, sehingga memiliki bentuk seperti pasta kental yang kemudian ditambahkan gula, perasa lainnya dan juga bahan pengental. Dengan tekstur yang kental seperti ini, cocoa butter sangat cocok digunakan untuk membuat es krim yang lembut.

es krim rasa chocolate Cocoa Butter

Ketika dimakan, cocoa butter memiliki tekstur yang ringan dan lembut. Sehingga, ketika cocoa butter dipadukan dengan es krim akan dengan mudah meleleh di mulut. Anda bisa mencampurkan cocoa butter dengan susu bubuk, susu segar, dan seluruh bahan pembuatan es krim lainnya untuk membuat es krim rasa chocolate yang lezat dan lembut ketika dimakan. Nikmati es krim coklat dengan menjadikannya sebagai topping pada waffle atau pancake anda.

Tidak hanya lezat, coklat juga dipercaya dapat meningkatkan suasana hati yang baik bagi penikmatnya. Oleh karena itu, makanan ini sering dijadikan sebagai makanan favorit oleh banyak orang. Tidak hanya dikonsumsi secara langsung, coklat juga nikmat diolah menjadi berbagai makanan lainnya ataupun sebagai penambah citarasa. Biasanya, coklat diolah menjadi makanan manis seperti dessert atau es krim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *