Jangan Panik, Yuk kenali 6 Gejala Penyakit Akibat Virus Corona

Gejala Penyakit Akibat Virus Corona

Infeksi Virus Corona yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China, kini menular dengan sangat cepat bahkan menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Corona Virus ini merupakan kumpulan virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Meski terlihat seperti flu biasa, namun penyakit akibat Covid 19 dapat menyebabkan kematian. Namun anda jangan langsung panik, berikut kenali beberapa gejalanya terlebih dahulu.

Gejala Covid-19 Yang Perlu Diketahui

1. Demam

Demam merupakan salah satu kunci penanda dari infeksi Virus Corona. Namun, para ahli tidak memberikan patokan untuk suhu demam yang dialami. Karena setiap orang dapat memiliki suhu demam yang berbeda. Namun suhu normal orang dewasa dalam keadaan yang wajar biasanya yaitu 36 hingga 37 derajat celcius. Oleh karena itu, kini selalu diadakan pengecekan suhu terlebih dahulu saat anda berkunjung ke tempat-tempat umum seperti mall dan lain sebagainya.

Penyakit Akibat Virus Corona

2. Menggigil dan Tubuh Terasa Sakit

Seorang koresponden CNN yang dinyatakan positif Covid-19 mengatakan bahwa ia merasa tubuhnya sakit, menggigil, dan mengalami demam tinggi pada malam hari. Meski demikian, beberapa ahli menyebutkan tidak semua orang mengalami reaksi yang parah seperti itu. Sebagian mungkin akan terlihat seperti kondisi flu pada umumnya. Yang perlu diperhatikan yaitu apabila tanda-tanda tersebut tidak kunjung hilang setelah seminggu atau lebih.

3. Indra Penciuman Terganggu

Hilangnya kemampuan pada indra penciuman juga menjadi gejala yang tidak biasa pada pasien penderita Covid-19. Para ahli menyebutkan, anosmia atau hilangnya kemampuan mencium bau, ditemukan menjadi salah satu gejala yang dialami oleh sejumlah orang yang dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona. Hal ini juga beriringan dengan berkurangnya nafsu makan pada penderita. Gejala ini biasanya dialami oleh pasien yang tidak mengalami gejala lainnya.

4. Batuk Kering

Batuk juga merupakan salah satu gejala umum dari infeksi Covid-19. Akan tetapi, batuk yang muncul karena infeksi virus ini sangat mengganggu dan tidak seperti batuk biasa. Batuk yang terjadi merupakan batuk kering yang seolah-olah berasal dari sesuatu yang jauh dari dalam dada. Namun, WHO memberikan laporan terbaru bahwa terdapat 33 persen pasien positif Corona yang juga mengalami batuk berdahak dengan lendir yang kental.

5. Nafas Pendek atau Sesak Nafas

Sesak nafas umumnya menjadi gejala yang muncul sebagai pertanda bahwa penyakit akibat Virus Corona memasuki tahap yang serius. Bahkan sesak nafas ini bisa saja muncul tanpa diiringi dengan batuk terlebih dahulu. CDC atau Centers for Disease Control and Prevention, telah menjabarkan tanda-tanda darurat tersebut. Yakni rasa sakit yang menekan di dada, dan menyebabkan dada terasa seperti diikat kemudian sulit untuk menghirup oksigen.

Gejala Penyakit Akibat Virus Corona

6. Mata Merah

Penelitian yang dilakukan di Korea Selatan dan beberapa negara lain, menunjukkan hingga 3 persen pasien yang terinfeksi Virus Corona mengalami gejala mata merah. Ketika kondisi tersebut terjadi, maka sudah terdapat potensi untuk menularkannya kembali ke orang lain. Jadi, kondisi mata merah muda patut dicurigai sebagai tanda Corona Virus apabila diikuti dengan gejala lain seperti batuk, demam, atau sesak nafas.

Itulah beberapa tanda atau gejala yang dapat terjadi pada seseorang yang terinfeksi Covid-19. Tanda-tanda tersebut mungkin terkadang tidak muncul secara bersamaan, atau hanya salah satu saja. Bahkan terkadang terlihat seperti flu biasa yang umum terjadi. Namun, anda jangan menganggap remeh dan baru memeriksakan ke dokter setelah muncul gejala yang berat. Jika anda mulai merasa ada gejala yang muncul, segera periksakan ke dokter terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *