Jadi Alat Pelindung Diri, Simak Kelebihan Face Shield Untuk Cegah Infeksi Covid-19

apakah face shield lebih efektif dan bisa gantikan masker

Pemerintah telah menetapkan sebuah peraturan kesehatan untuk masyarakatnya agar bisa terlindungi dari paparan virus corona. Salah satunya adalah dengan selalu menggunakan masker mulut ketika berada di luar rumah. Namun ternyata tidak hanya masker, ada juga face shield atau pelindung wajah. Pelindung wajah ini telah lama digunakan oleh petugas kesehatan dalam berbagai prosedur medis. Untuk itu, berikut akan diulas kelebihannya untuk cegah virus corona.

Kelebihan Pelindung Wajah di Masa Pandemi

1. Praktis Digunakan

Tidak seperti masker mulut, alat pelindung wajah satu ini cenderung praktis untuk digunakan. Karena memiliki bahan yang terbuat dari plastik transparan, sehingga ketika menggunakannya akan terasa lebih ringan daripada masker. Selain itu, menggunakan alat pelindung wajah satu ini juga minim celah dalam kesalahan pemakaian. Proses sterilisasi pada perisai wajah ini juga jauh lebih baik ketimbang masker. Karena bisa didisinfektan setiap waktu dan dimana saja.

face shield masker

Bahan plastik transparan ini juga dianggap ramah bagi penyandang disabilitas bisu dan tuli. Sebab, dengan menggunakan pelindung wajah ini, penyandang disabilitas bisu dan tuli tetap bisa berkomunikasi dengan lancar. Dengan begitu, alat pelindung diri satu ini bisa memberikan manfaatnya kepada mereka untuk menjaga serta mencegah agar tidak tertular oleh infeksi virus corona yang sedang mewabah.

2. Melindungi Hingga 96 Persen

Berdasarkan sebuah studi penelitian simulasi batuk yang dilakukan di tahun 2014, menyatakan bahwa dengan pemakaian perisai wajah ini diketahui mampu melindungi pemakainya dari ancaman virus yang berbahaya hingga 96 persen. Studi penelitian simulasi tersebut dilakukan melalui pemakaian pelindung wajah ini dalam jarak sekitar setengah meter di dekat orang yang sedang batuk.

Kemudian, pada penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa pemakaian perisai wajah ini di masa pandemi memang sangat layak dan penting juga untuk dipraktikkan oleh seluruh masyarakat. Karena penularan penyakit yang diakibatkan Covid-19 ini terjadi akibat terkena droplet atau air percikan ketika penderitanya sedang batuk, bersin, maupun berbicara tersebut dapat ditangkal atau dicegah menggunakan alat pelindung satu ini.

3. Komunikasi Tetap Lancar

Kelebihan yang selanjutnya dari alat pelindung diri satu ini adalah dari hal komunikasi. Perisai wajah ini dapat mempermudah orang-orang untuk berkomunikasi dengan sekitarnya. Dibanding dengan masker yang harus melepaskan atau berdekatan terlebih dahulu, alat pelindung diri satu ini tidak perlu melakukan kedua hal tersebut. Anda cukup berkomunikasi dengan jarak yang sudah ditentukan tanpa harus melepaskannya.

face shield ini

Alat pelindung diri satu ini juga sangat membantu bagi orang yang memiliki kekurangan pada pendengaran. Karena apabila ada seseorang berbicara dan menggunakan alat ini tetap bisa terlihat bagaimana gerak-gerik dari mulut orang tersebut tanpa perlu mendekatkan diri. Sehingga bisa mempermudah bagi orang yang seperti ini bisa memahami pembicaraan antara mereka berdua.

4. Lebih Nyaman dari Masker

Face shield diklaim oleh banyak orang lebih nyaman untuk digunakan daripada masker. Karena modelnya yang dirancang khusus untuk orang tidak sering menyentuh wajah. Kemudian perisai wajah satu ini juga mudah dibersihkan dengan menggunakan sabun dan air ataupun disinfektan. Selain itu, penggunaannya juga tidak menutup ekspresi wajah karena bahannya yang transparan atau tembus pandang.

Dengan berbagai kelebihan dari alat pelindung diri satu ini, tetapi harus dibarengi juga dengan penggunaan masker. Karena pada perisai wajah satu ini masih terdapat celah yang ada di samping dan bagian bawahnya, sehingga memungkinkan virus bisa masuk melalui celah tersebut. Anda bisa menggunakan alat pelindung diri satu ini saat sedang berada di luar rumah atau sedang dalam kendaraan untuk melakukan perjalanan yang jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *