Hal Unik Pada Hari Libur Nasional 2020

Hari libur adalah hari dimana semua orang mendapatkan kebebasan dari aktifitas yang membuat pikiran muak. Sebenarnya hari minggu, hari raya, dan tanggal merah adalah hari kebebasan dari aktifitas yang membuat pikiran muak bagi semua rakyat Indonesia. Sayangnya, karyawan tidak bisa menikmati karena mereka terus dituntut untuk kerja bahkan kadang sakit pun masih dituntut untuk kerja. Namun ada satu hari libur dimana semua masyarakat Indonesia pasti menikmatinya yakni hari llibur nasional. Sayangnya, hari libur nasional masih dihantui oleh perasaan takut akan pandemi virus corona yang diberitakan televisi Indonesia. Sehingga masyarakat sulit mengekspresikan diri untuk melakukan hal-hal menyenangkan yang mereka inginkan. Nah pada tahun lalu ada banyak hal unik di hari libur nasional 2020 yang mungkin baru pertama kali terjadi dalam sejarah.
Libur nasional tahun lalu penuh dengan hal aneh terutama hal-hal yang berhubungan dengan ketakutan. Bagaimana tidak, orang-orang malah sibuk mencari perlindungan di dalam rumah karena takut terkena virus corona. Tahun 2020 adalah tahun menyeramkan bagi Indonesia karena pada tahun itu negara kita sedang gencar-gencarnya memberitakan banyak korban covid yang meninggal. Jadi, hari libur nasional tahun lalu lebih banyak orang yang diam di rumah, ibadah di dalam rumah, bersenang-senang di dalam rumah dengan peralatan seadanya karena dihantui rasa takut terserang virus corona. Alternatif untuk mencari hiburan pada masa pandemi di libur nasional tahun lalu adalah bermain media social atau game online.
Puncak bogor penuh dengan orang-orang dari luar daerah sana karena banyak tempat wisata yang ditutup. Covid memberikan dampak penutupan berbagai macam tempat wisata sehingga pada hari wisata yang dituju. Setelah pemerintah tahu akan hal ini, mulailah pemberitaan di televisi banyak yang muncul menginformasikan bahwa puncak kota Bogor menjadi zona merah. Sejak saat itu, puncak kota Bogor pun ditutup karena hawatir jadi tempat penularan virus corona dan banyak orang yang stres karena kurang piknik.
Libur nasional tahun lalu juga jadi ajang jualan online masyarakat Indonesia sehingga munculnya fenomena memboomingnya penjual dagangan secara online. Bagaimana tidak, tahun lalu banyak sekali pemecatan karyawan karena perusahaan merasa bangkrut karena terkena dampak corona. Para karyawan yang terkena pemecatan ini pun beralih profesi dari karyawan menjadi pedagang. Karena tidak boleh berdagang secara konvensional seperti sebelum pandemi covid, akhirnya pedagang ini menjajakan dagangannya secara online. Libur nasional tahun lalu menjadi hari dimana social media penuh dengan orang yang berdagang seperti spam informasi yang orang tidak ingin melihatnya. Belum lagi pedagang online ini masih amatir sehingga menggunakan kata-kata sembarangan untuk menjual dagangan mereka secara online.
Hari libur nasional 2020 juga menjadi hari dimana semua orang memakai masker untuk keluar rumah secara keseluruhan. Dulu yang keluar rumah memakai masker mungkin dianggap orang aneh tapi sekarang, orang keluar rumah tanpa masker lah yang akan dianggap aneh karena melanggar aturan protokoler kesehatan. Jika dikatakan sebagai hal yang memilukan, mungkin libur nasional tahun lalu memang seperti itu karena semua orang tidak bisa melakukan hal-hal menyenangkan yang biasa mereka lakukan sebelumnya. Semua hal yang dirasa tak biasa pada tahun lalu begitu membekas diingatan sehingga setiap orang pasti paham bagaiamana rasanya menjalani hari-hari berat pada tahun itu. Semoga libur nasional tahun ini bisa membuat kita tetap melakukan hal-hal menyenangkan seperti saat corona belum mewabah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *