Daftar Penyakit yang Terjadi Akibat Adanya Virus

Daftar penyakit yang disebabkan oleh virus Penyakit akibat VIRUS

Ada banyak cara penyakit dapat menular. Salah satunya adalah disebabkan oleh virus. Penularan yang satu ini pada dasarnya cukup mirip dengan bakteri. Virus sendiri memiliki ukuran yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan bakteri. Virus juga memerlukan sel inang yang hidup untuk bertahan. Terlebih ada banyak jenis penyakit yang disebabkan oleh virus.

Penyakit yang Terjadi Akibat Virus

Pada dasarnya ada banyak penyakit yang terjadi atau menular akibat virus. Beberapa penyakit tersebut bahkan cukup familiar oleh masyarakat Indonesia. Virus sendiri bekerja dengan cara menyerang bagian sel inang kemudian mengambil alih sistem kerjanya. Di bawah ini beberapa jenis penyakit akibat virus:

1.Flu

Tentu kebanyakan orang sudah tidak asing lagi dengan keberadaanya penyakit ini. Saat seseorang mengalami flu, maka ia akan merasakan gejala yang hampir mirip dengan pilek. Hanya saja umumnya disertai dengan sakit kepala, demam, meriang, muntah, mual, kelelahan, hingga nyeri pada bagian otot.

Daftar penyakit yang disebabkan oleh virus

Jenis penyakit yang satu ini sendiri bahkan dapat menular dengan sangat cepat dan juga mudah. Umumnya, penyakit ini terjadi di musim hujan karena iklim yang lebih lembab sehingga virus dapat tersebar lebih cepat.

2.Cacar air

Siapa yang pernah menderita penyakit cacar air? Tahukah Anda, bahwa penyakit tersebut menular akibat virus? Umumnya penyakit tersebut disebabkan oleh virus bernama Varicella zoster. Kebanyakan menyerang pada anak-anak yang memiliki usia di bawah 15 tahun. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga dapat menyerang orang dewasa.

Untuk proses penyembuhannya sendiri dapat memakai vaksi anti cacar. Umumnya, seseorang hanya akan mengalami penyakit tersebut sekali saja dalam seumur hidupnya. Tentu saja dengan gejala yang tidak mengenakkan.

3.Campak

Kebanyakan orang juga tentu sudah mengetahui penyakit yang satu ini. Penyakit campak sendiri dapat terjadi akibat virus bernama Paramyxovirus A. Virus tersebut nantinya akan menyerang saluran pernapasan seseorang. Mulai dari daerah mulu sampai dengan bronkiolus di daerah paru-paru. Tidak jarang juga virus tersebut menyerang hingga usus halus dan menyebar ke kulit.

Terdapat pula jenis campak lainnya yakni campak Jerman atau Rubella. Penyakit ini sendiri akan menyerang pernapasan seseorang, mata, kelenjar limfa pada leher, hingga kulit seseorang. Adapun gejalanya adalah ruam di wajah, demam ringan, dan lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

4.Demam berdarah

Siapa yang menyangka jika jenis penyakit satu ini juga disebabkan oleh virus. Lebih tepatnya virus yang dibawa oleh nyamuk bernama Aedes Aegypti. Umumnya, keberadaan nyamuk tersebut mulai menyebar pada musim hujan.

Daftar penyakit yang disebabkan oleh virus ini

Seseorang yang menderita demam berdarah sendiri nantinya akan memiliki beberapa gejala. Mulai dari sakit kepala, munculnya ruam, demam tinggi, nyeri sendi dan otot, serta muntah-muntah. Penanganannya sendiri adalah dengan mendapatkan donor darah serta trombosit.

5.HIV/AIDS

Pada dasarnya, jenis penyakit yang disebabkan oleh virus ini akan menyerang sistem imun seseorang. Caranya adalah dengan menghancurkan sel darah putih yang ada di dalam darah. Sel darah putih ini sendiri berfungsi untuk melawan kuman penyakit.

AIDS ini sendiri merupakan salah satu tahap akhir saat seseorang sudah terinfeksi HIV. Penyakit ini sendiri dapat menyebar dan menular lewat hubungan seksual. Selain itu dapat pula menular lewat pemakaian jarum suntik dengan penderita.

Itulah berbagai jenis penyakit yang terjadi akibat adanya virus. Tentu saja masih ada banyak jenis penyakit lainnya. Saat mengalami penyakit tersebut maka ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *