Berikut Langkah Yang Harus Dilakukan Suster Ketika Merawat Pasien Corona

Suster Ketika Merawat

Saat ini, tenaga medis menjadi garda terdepan dalam penanganan pasien yang terpapar virus Corona. Paramedis berada dalam lingkungan yang penuh dengan kasus covid, sehingga resiko tertularnya virus ini sangat besar. Untuk itu, diperlukan perlindungan diri ekstra bagi tenaga medis seperti dokter, suster dan perawat lainnya untuk menangani pasien dengan virus Corona. Hal ini bertujuan untuk mengamankan diri mereka sendiri, dan juga pasien lain yang masih dalam penanganan.

Langkah Yang Harus Dilakukan Ketika Merawat Pasien Corona

1. Lakukan Hand Hygienes Dengan Benar

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh perawat medis ketika hendak menangani pasien dengan corona, adalah melakukan hand hygienes. Pastikan tangan sudah benar-benar bersih sebelum melakukan perawatan. Hal ini menjadi sebuah keharusan, mengingat tangan menjadi salah satu anggota tubuh yang memiliki resiko tinggi yang dapat membawa virus corona secara tidak sengaja. Oleh karena itu, sebelumnya paramedis harus menjaga kebersihan tangannya.

Suster Ketika Merawat

Sesuai dengan anjuran kesehatan, prinsip cuci tangan yang harus diterapkan adalah dengan melakukan penggosokan tangan dengan cairan antiseptik atau sabun. Untuk melakukan cuci tangan menggunakan antiseptik, ada baiknya dilakukan selama 20 hingga 30 detik. Sedangkan untuk mencuci tangan dengan sabun, waktu yang dianjurkan adalah 40 hingga 60 detik. Bersihkan tangan setiap hendak merawat pasien, dan juga sesudah merawat pasien.

2. Gunakan Alat Pelindung Diri Dengan Lengkap

Langkah berikutnya yang harus dilakukan selanjutnya adalah penggunaan alat pelindung diri sesuai dengan standar. Tidak sama seperti APD yang biasa digunakan tenaga medis sehari-hari, dalam menangani pasien dengan corona suster dan tenaga medis lainnya memerlukan APD tambahan. APD ini berupa penggunaan baju kerja untuk yang digunakan pada lapisan setelah baju yang dikenakan, setelah itu lapisi lagi dengan gaun luar dan penutup kepala serta pelindung mata.

Paramedis juga memerlukan masker N-95. Masker N95 adalah kode dari masker yang biasa digunakan oleh perawat dan tenaga medis karena memiliki kemampuan lebih baik untuk menyerap partikel yang mungkin membahayakan. Masker ini dilapisi dengan satu lapisan filter untuk menyaring partikel yang berukuran lebih besar dari 0,3 mikron, salah satunya adalah virus.

3. Copot Perlengkapan APD dan Bersihkan Alat Yang Digunakan

Langkah terakhir ini, dilakukan ketika paramedis selesai menangani pasien dengan penyakit corona. Paramedis harus segera masuk ke ruangan khusus setelah menangani pasien, di ruangan itulah ia harus membersihkan dirinya. Biasanya, paramedis akan langsung melepas alat perlindungan diri yang sudah digunakan sebelumnya, dan tidak akan menggunakan APD yang sama lagi. Setelah melepas seluruh APD, perawat akan cuci tangan untuk memastikan kebersihan tangan.

Perawat The Moscow Suster Ketika Merawat

Yang tidak kalah penting, perawat harus segera membersihkan alat-alat kesehatan yang digunakan ketika merawat pasien dengan corona. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya virus yang tertinggal pada alat-alat yang digunakan. Cuci alat kesehatan di bawah air mengalir hingga bersih, gosok setiap alat dengan bersih untuk membersihkan seluruh residu yang masih menempel. Setelah itu, lakukan proses sterilisasi alat kesehatan menggunakan cairan alkohol.

Rumah sakit memang menjadi salah satu tempat dimana penyebaran virus corona begitu rentan. Karena banyaknya pasien pengidap covid, maka paramedis harus bekerja ekstra untuk merawat pasien dan menjaga dirinya sendiri agar tidak tertular. Untuk itu dalam menangani pasien covid, paramedis memiliki langkah tersendiri yang berbeda ketika menangani pasien biasa. Hal ini juga ditujukan untuk menekan angka penyebaran virus corona yang belum juga mereda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *