Beberapa Pilihan Inspirasi untuk Melakukan Modifikasi Pada Motor

modifikasi motor custom Custom Lifestyle Pengguna

Bagi sebagian orang, merawat sepeda motor bukan hanya merawat mesinnya agar tetap memiliki performa yang baik. Akan tetapi, merawat sepeda motor dapat dilakukan dengan melakukan berbagai macam modifikasi yang sesuai. Modifikasi pada sepeda motor dapat diartikan sebagai salah satu cara untuk mengubah tampilan motor. Hal ini dilakukan untuk menambah fungsionalitas dari motor sekaligus membuat tampilan motor menjadi berbeda dari tampilan motor pabrikan. Sehingga, sepeda motor yang dimiliki akan berbeda dengan sepeda motor orang kebanyakan.

Ada banyak inspirasi dan model modifikasi motor custom yang bisa dipilih oleh para pengguna sepeda motor terutama bagi para pengguna sepeda motor besar maupun motor trail. Salah satunya adalah Moped atau Motor Berpedal. Seperti namanya, sepeda motor jenis ini memang menggunakan pedal yang umumnya ada di sepeda biasa. Akan tetapi, sepeda motor ini tetap menggunakan mesin layaknya mesin motor pada umumnya. Selain itu, bagian setang dari moped juga memiliki desain yang mirip dengan desain sepeda gunung. Bagian jok dibuat menjadi single seater dengan tinggi yang lebih rendah dibandingkan dengan sepeda motor pada umumnya. Moped juga menggunakan ban yang tidak terlalu besar ukurannya. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kapasitas mesin yang memang tidak sebesar motor pada umumnya. Akan tetapi, Moped sudah memiliki kapabilitas untuk digunakan dalam kehidupan sehari – hari.

modifikasi motor custom Bimo

Jenis modifikasi motor lainnya yang bisa dipilih adalah Café Racer. Bagi penggemar modifikasi sepeda motor, mereka tentu mengenal Café Racer. Hal ini dikarenakan model custom ini merupakan salah satu model yang paling terkenal. Lantas, apa ciri – ciri spesifik dari Café Racer? Salah satu ciri spesifiknya adalah adanya tangki bahan bakar dengan ukuran yang lebih kecil atau ramping. Hal ini dikarenakan untuk meningkatkan kenyamanan dari pengguna karena tangki bahan bakar tersebut bisa dijepit dengan menggunakan paha. Selain itu, Café Racer juga seringkali menggunakan jok motor dengan tipe single seater. Hal ini berarti hanya ada satu orang yang bisa menduduki jok tersebut. Tipe stang yang ada di Café Racer juga berbeda dengan tipe stang pada umumnya. Tipe stang pada Café Racer menggunakan tipe jepit dan harus digunakan secara menunduk. Akan tetapi, Café Racer memiliki keunggulan dimana kecepatannya lebih baik dibandingkan dengan tipe motor normal.

modifikasi motor custom gaya motor bobber nan ciamik

Model modifikasi motor custom yang lain adalah Brat Café. Ciri spesifik dari model modifikasi pada motor ini adalah model bagian belakang yang menggunakan jok panjang dan datar. Sehingga, bentuknya mirip dengan skateboard. Selain itu, Brat Café juga menggunakan tangki bahan bakar dengan model ramping. Hal ini juga dilakukan untuk memudahkan pengguna saat menggunakan motor ini. Selain itu, tipe stang yang digunakan adalah tipe stang dengan model menunduk. Sehingga, para pengguna hanya bisa menggunakannya untuk kehidupan sehari – hari bukan untuk touring. Para pengguna juga bisa melakukan modifikasi pada motor mereka dengan gaya Street Club. Apa saja ciri spesifik dari motor model Street Club? Salah satu cirinya adalah penggunaan ban donat di kedua bannya. Selain itu, stang yang digunakan pada model Street Club adalah stang dengan tipe flat bar. Jok yang biasanya ada juga merupakan tipe single seat. Untuk bisa memilih model modifikasi mana yang sesuai, para pengguna motor sebaiknya melakukan beberapa konsultasi dengan teknisi ahli. Sehingga, modifikasi yang dilakukan tidak menghilangkan fungsi sebenarnya dari motor tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *