Bahaya Memasak Sambil Menggendong Bayi, Inilah Tips Agar Bayi Tidak Rewel

Menjadi seorang ibu dituntut untuk serba bisa. Bahkan, tidak jarang ibu harus bisa multitasking terlebih lagi jika bayi sedang rewel. Banyak ibu yang melakukan aktivitas sambil menggendong bayinya. Aktivitas-aktivitas tersebut biasanya membersihkan rumah, menyiram tanaman, bahkan memasak. Memasak sambil menggendong bayi memang menjadi pemandangan yang lumrah, namun tahukah anda ada sebuah pengalaman tidak menyenangkan yang dialami ibu muda bernama Molly Landis saat memasak dan menggendong bayinya? Kisah yang dibagikan di dunia maya ini sempat viral dan mengundang banyak komentar warga net. Molly tidak henti-hentinya mengucap kalimat syukur karena waktu itu dia tidak memasak dan menggendong buah hatinya.
Semua berawal dari tangis rewel bayi jika dibiarkan sendiri, sehingga membuat Molly terbiasa memasak dan menggendong bayinya. Hal tersebut sering kita lihat dan termasuk pemandangan yang lumrah-lumrah saja. Mengingat jika bayi dibiarkan sendiri akan terus menangis dan Molly tidak bisa melakukan apapun. Namun hari itu berbeda, bayi Molly tidak seperti biasanya bisa tidur lebih cepat dan tidak rewel. Untuk pertama kalinya Molly memasak tanpa menggendong bayinya karena sudah terlelap. Dari sini tragedi dimulai, ternyata apesnya kompor Molly meledak dan menyemburkan bola api ke arah wajah, leher, dan dada. Akibatnya, Molly mengalami luka bakar yang cukup serius terutama di area dada. Setelah kejadian tersebut, dia bercerita dengan sahabat-sahabatnya. Diluar perkiraan, sahabat-sahabatnya justru menyuruh Molly membagikan ceritanya pada masyarakat luas supaya ibu-ibu di luar sana tidak memasak sambil menggendong bayi.
Karena desakan sahabat-sahabatnya, Molly akhirnya membagikan pengalamannya ke dunia maya. Tanpa disangka-sangka, pengalaman tersebut menarik banyak perhatian warga net dan mengundang berbagai respon. Banyak ibu yang beranggapan saat itu Molly sedang apes saja karena mereka sudah memasak dan menggendong bayi bertahun-tahun tapi tidak mengalami kejadian apapun. Ada pula yang prihatin dan mengirim doa kepada Molly. Dari kejadian tersebut, Molly sangat bersyukur karena saat itu bayinya sudah tertidur. Jika Molly menggendong bayi saat kejadian itu, mungkin dia akan menyesal seumur hidup. Pasalnya, tempat dia mengalami luka bakar terparah adalah tempat dimana kepala kecil bayinya berada dalam dekapannya.
Lantas, apa yang harus dilakukan jika memang bayi sedang rewel tapi ibu harus memasak? Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan selain menggendong bayi di dada anda. Tips pertama, anda bisa meletakkan bayi dalam box dan menaruhnya di dekat anda. Pastikan anda menaruh bayi di pojok ruangan dan tidak dekat barang berbahaya seperti kompor, oven, pisau, dan lain-lainnya. Dengan merasakan keberadaan ibu di sekitarnya, umumnya bayi akan lebih tenang. Jika hal ini tidak mempan, anda bisa memutarkan audio yang berisi suara white noise. White noise adalah suara yang mirip dengan suara dalam rahim dan detak jantung ibu. Bayi terbiasa mendengar suara ini ketika dia masih dalam kandungan. Banyak ibu-ibu yang sudah memutarkan audio white noise dan cara tersebut berhasil, bayi menjadi lebih tenang dan tidak rewel. Anda bisa mencari audio white noise di youtube atau platform kesayangan anda secara gratis. Bagi sebagian orang dewasa suara white noise terdengar mengerikan karena sekilas seperti gemuruh dan backsound di film-film horor. Dengan adanya tips-tips tersebut, semoga ibu tidak perlu menggendong bayi lagi ketika memasak. Selain itu, diharapkan bayi menjadi lebih tenang dan tidak rewel saat ibu harus melakukan aktivitas lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *