Ayam Goreng Kalasan

Ayam Goreng Kalasan

Siapa yang tidak pernah mendengar nama ayam goreng kalasan?  Makanan satu ini sudah lama menjadi makanan favorit masyarakat tanah air dan merupakan resep masakan indonesia asli. Rasanya yang enak dan penuh rempah-rempah asli nusantara membuat makanan ini selalu dicari dimanapun. Bahkan, di tempat asalnya yaitu Yogyakarta Anda bisa menemukan makanan ini di hampir setiap rumah makan yang ada disana.

Meskipun sama-sama olahan ayam. Namun pernahkah Anda berpikir apa yang membuat ayam kalasan begitu berbeda? Padahal ada begitu banyak olahan ayam goreng di Indonesia seperti ayam goreng serundeng, ayam goreng bumbu lengkuas, ayam gebuk hingga yang paling baru ayam geprek.

Jika dilihat dari sejarahnya, ternyata ayam kalasan masing sangat dipengaruhi oleh resep ayam goreng yang sudah ada sebelumnya. Menurut berbagai sumber, olahan ayam ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Bahkan resep ayam goreng tersebut pernah tercatat di sebuah buku resep yang ditulis pada tahun 1747.

Ayam Goreng Kalasan ENAK

Meskipun begitu, resep ayam kalasan yang ada di Indonesia sebenarnya sudah menyesuaikan dengan selera serta bahan-bahan lokal yang banyak tumbuh di tanah air. Di tempat asalnya yaitu di Yogyakarta, ayam kalasan disinyalir pertama kali dipopulerkan oleh seorang bernama Mbok Berek. Pada awalnya, Mbok Berek merupakan seorang perempuan Yogya biasa yang telah berkeluarga. Mbok Berek sendiri dikabarkan memiliki 6 orang anak dimana salah satu anaknya terkenal memiliki sifat cengeng dan suka histeris sejak kecil. Suara tangisan tersebut dalam Bahasa Jawa sering disebut dengan mberek-mberek (menjerit-jerit) dan akhirnya dikenal dengan nama Mbok Berek.

Di kesehariannya, Mbok Berek membuka sebuah rumah makan yang memiliki menu ayam goreng di daerah Kalasan, Sleman Yogyakarta. Menurut masyarakat sekitar, menu ayam goreng yang disediakan di rumah makan Mbok Berek memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh tempat lain sehingga warungnya selalu ramai dipadati pengunjung. Meskipun bumbu yang digunakan sangat sederhana tapi rasa yang dihasilkan oleh bumbu-bumbu racikannya dinilai sangat lezat dan unik.

Salah satu rahasia kelezatan ayam kalasan terletak pada jenis ayam yang digunakan. Jika banyak olahan ayam yang menggunakan ayam biasa maka ayam kalasan hanya dibuat menggunakan ayam kampung yang masih muda saja. Selain lebih enak dan empuk, ayam kampung juga dinilai lebih sehat. Meskipun begitu, saat ini banyak juga yang membuat ayam kalasan dengan ayam biasa karena harganya yang lebih murah.

Ayam Goreng Kalasan lezat

Karena kelezatan olahan ayam goreng ini, Anda dijamin tidak akan puas hanya dengan 1 potong ayam kalasan saja. Meskipun dalam penyajiannya ayam goreng ini biasanya dilengkapi dengan nasi, kremesan dan sambal pedas yang menggugah selera tapi banyak orang yang masih menambahkan lalapan segar seperti selada, timun dan tomat sebagai pendamping.

Menurut beberapa orang, rumah makan Mbok Berek saat iti sangat terkenal dengan menu ayam gorengnya. Saking terkenalnya bahkan presiden Soekarno dikabarkan pernah singgah untuk sekedar menikmati makanan buatan Mbah Berek. Namun, sayangnya pada tahun 1960-an rumah makan Mbok Berek bangkrut dan terpaksa tutup.

Meskipun telah tutup ternyata hal tersebut menjadi cikal bakal tersebarnya ayam kalasan ke seluruh pelosok Indonesia. Karyawan yang dulu sempat bekerja di rumah makan Mbok Berek akhirnya mulai membuka usaha rumah makan sendiri menggunakan resep yang diperoleh saat masih bekerja di Mbah Berek. Oleh sebab itulah kenapa ayam goreng kalasan yang Anda kenal saat ini dianggap sebagai salah satu makanan khas Indonesia.
 
 
 
 
 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *