Agar Tidak Keliru, Intip 5 Langkah Memilih Asuransi Jiwa Yang Tepat Dan Terbaik

asuransi jiwa terbaik ini

Asuransi atau jaminan jiwa merupakan salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan kepada seseorang. Perlindungan yang diberikan terkait, kerugian finansial akibat kematian, cacat, dan tidak produktif lagi. Bagi anda yang belum memiliki asuransi daan ingin mengurusnya, simak dahulu cara memilih asuransi jiwa terbaik berikut ini.

Langkah langkah Memilih Asuransi Atau Jaminan Jiwa Yang Terbaik

1. Kenali Lembaga Asuransi Jiwa Di Bursa Insurance

Langkah pertama dalam memilih lembaga asuransi terbaik ialah mengenal produk dari asuransi itu sendiri. Perlu anda ketahui, di Indonesia terdapat beberapa jenis asuransi jiwa yakni asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, asuransi jiwa dwiguna, dan asuransi jiwa unit link. Beberapa jenis asuransi tersebut harus anda ketahui pengertiannya masing masing.

asuransi jiwa terbaik Kenali Ciri-ciri Asuransi Jiwa Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

Sebagai informasi, asuransi jiwa berjangka merupakan insurance yang memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu. Kebalikan dari asuransi jiwa berjangka, asuransi seumur hidup ialah insurance yang memberikan perlindungan seumur hidup dengan usia maksimum 100 tahun. Jadi, asuransi ini akan hangus jika usia anda melewati 100 tahun.

Adapun asuransi jiwa dwiguna ialah insurance yang memiliki dua fungsi dan manfaat. Asuransi ini berisi perlindungan kesehatan dan bisa pula dijadikan sebagai tabungan. Jenis asuransi jiwa ini memiliki peminat yang lebih banyak dari jenis lainnya. Terakhir, asuransi jiwa unit link adalah jenis insurance yang hampir mirip dengan asuransi jiwa dwiguna.

2. Sesuaikan Premi Dengan Kemampuan Finansial

Bisa dikatakan poin ini sangatlah penting anda perhitungkan. Sebagian dari anda mungkin sudah mengetahui bahwa pemilik asuransi harus menyetorkan biaya premi setiap bulannya. Premi sendiri adalah anggaran bulanan untuk membayar berbagai biaya baik itu medis, rumah sakit, pengobatan, hingga perbaikan. Pembayaran premi ini juga bisa ditentukan sesuai kapasitas.

Sebagai pengaju asuransi, umumnya anda akan ditawarkan jangka waktu pembayaran. Ada yang dilakukan bulanan, ada yang kuartalan, hingga tahunan. Yang pasti, anda perlu menyesuaikan kapasitas atau kemampuan finansial terlebih dahulu. Usahakan pendapatan bulanan anda cukup untuk memenuhi kebutuhan dan membayarkan biaya premi asuransi.

3. Mengetahui Track Record Lembaga Penyedia Asuransi

Setelah memastikan kemampuan finansial secara teliti, maka kini saatnya untuk memilih perusahaan asuransi dengan melihat jejak rekamnya. Perlu anda ketahui, sebuah lembaga asuransi dapat dikatakan baik apabila telah diawasi oleh badan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pastikan pula apakah jasa tersebut memiliki modal minimum berbasis Risk Based Capital atau tidak.

asuransi jiwa terbaik

Perusahaan asuransi jiwa terbaik, haruslah memiliki rekam jejak yang baik pula. Biasanya, lembaga asuransi terbaik memiliki situs resminya sendiri. Untuk mengetahui jejak rekamnya, anda bisa mengunjungi laman web perusahaan tersebut. Lihat ke bagian rekam jejak, apabila banyak nasabah yang menggunakan jasanya maka anda juga bisa mempertimbangkannya.

4. Pastikan Perusahaan Asuransi Telah Berlisensi

Tidak semua agen yang menawarkan jaminan atau asuransi merupakan agen perusahaan resmi. Kebanyakan dari mereka hanyalah berperan sebagai broker atau perantara saja. Hal ini patut anda hindari, lantaran bisa meningkatkan risiko peristiwa yang tak diinginkan. Pastikan agen berlisensi AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) agar tidak terjadi kendala dalam perlindungan.

Sebagian orang masih menganggap bahwa asuransi ialah hal yang tidak terlalu penting dimiliki. Padahal, dengan adanya asuransi dapat menjamin perlindungan setiap individu. Teruntuk anda yang berencana mengajukan asuransi, maka realisasikan kiat kiat pemilihan asuransi. Oleh sebab itu, segera daftarkan asuransi atau miliki tabungan konvensional untuk hari tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *