Agar Pencernaan Sehat, Yuk Konsumsi 5 Sayuran Tinggi Serat yang Mudah Dicerna

Kelompok sayur sayuran tinggi serat

Terkadang tubuh mudah terserang masalah pencernaan, yang bisa mengganggu aktivitas harian. Untuk mencegahnya sebelum hal tersebut terjadi, anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya serat. Anda bisa membuat jadwal harian terkait apa dan kapan harus mengonsumsi makanan sehat. Sehingga tubuh bisa diberi asupan baik terus menerus untuk menjaga sistem imun tubuh. Berikut ada rekomendasi sayuran tinggi serat untuk kesehatan.

Konsumsi Makanan Bergizi untuk Tubuh

1. Jagung

Biji jagung mengandung sumber seng, folat, dan vitamin A yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram biji kuning ini mengandung 14,5 gram serat. Artinya kandungan serat tersebut memberi efek kenyang sehingga bisa menjadi sumber tenaga. Zat protein dan antioksidan di dalamnya dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu terdapat karotenoid yang bagus untuk mestimulasi kesehatan mata.

sayuran tinggi serat Jenis Makanan Berserat Tinggi Yang Menyehatkan

2. Gandum

Apabila anda mengonsumsi biji-bijian ini secara rutin, sama halnya memakan 10,6 gram serat setiap makan. Gandum dipercaya oleh pakar kesehatan sebagai biji tersehat, karena mengandung vitamin dan antioksidan. Disamping itu gandum juga mempunyai serat larut kuat yang sering disebut oat beta-glukan. Jenis sayuran tinggi serat ini dapat mengurangi tekanan darah, sehingga mencegah terjadinya resiko hipertensi.

3. Kentang

Kelompok umbi-umbian ini dikenal sebagai sumber serat paling tinggi. Tidak jarang menemukannya sebagai menu utama bagi pelaku diet. Kandungan kalori yang rendah tidak akan membuat berat badan naik, meski dikonsumsi dalam jumlah banyak. Selain itu karena seratnya yang tinggi, jadi bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Oleh sebab itu kadang si pelaku diet memakannya sebagai pengganti nasi saat makan siang atau makan malam.

Memakan kentang bersama kulitnya akan menambah kadar vitamin B dalam tubuh. Selain itu jenis umbi ini mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan serat dalam kentang turut membantu untuk mencegah sembelit. Jika dikonsumsi secara rutin maka akan meningkatkan keteraturan dalam buang air besar. Kentang juga mengandung sumber vitamin B6, yang bisa memecah karbohidrat dan protein.

4. Kacang Merah

Kacang ini mengandung pati resisten yang berperan untuk memanajemen berat badan. Di dalam kacang merah terdapat serat tidak larut, yang dikenal sebagai alpha-galactosides. Kedua zat baik tersebut bermanfaat sebagai prebiotik, untuk membentuk jaringan-jaringan dalam tubuh. Nantinya prebiotik akan bergerak melalui saluran pencernaan, kemudian mencapai usus besar. Di dalam usus besar Ia berubah menjadi makanan bagi bakteri di usus.

5. Kembang Kol

Meskipun sayuran ini rendah kalori dan karbohidrat, tetapi mengandung serat yang tinggi. Disamping itu mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Kembang kol memproduksi kolin terbaik untuk menjaga kesehatan otak dan hati, serta sintesis DNA. Atioksidan dalam sayuran ini juga bisa mencegah terjadinya mutasi sel.

sayuran tinggi serat Aneka Makanan Ini Lebih Kaya Serat Daripada Brokoli

Selain baik untuk kesehatan tubuh, ternyata kembang kol dapat mengurangi stres oksidatif. Jadi anda disarankan untuk mengonsumsinya secara teratur, baik dicampur dengan lauk lainnya atau tidak. Selain itu kandungan vitamin K dalam sayuran hijau ini berperan untuk mengubah protein matriks tulang. Sehingga akan meningkatkan penyerapan kalsium dan membentuk jaringan tulang.

Mengonsumsi sayur memang diwajibkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini karena sayuran mengandung serat tinggi, yang baik untuk menstimulasi imun tubuh. Namun tidak semua sayuran bisa dikonsumsi, anda perlu untuk memilahnya kembali. Beberapa rekomendasi sayuran tersebut bisa dijadikan sebagai nutrisi pelengkap. Sehingga tubuh akan tampak segar dan sehat, selain itu terhindar dari serangan radikal bebas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *