6 Perbedaan Managed Switch dengan Router

Managed Switch dengan Router

Perbedaan antara managed switch dengan router memang sangat penting untuk diketahui. Akan tetapi, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari router dan switch terlebih dahulu. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk memahami dari segi perbedaan antara kedua perangkat tersebut. Di bawah ini penjelasan selengkapnya yang bisa disimak.

Pengertian Switch dan Router

Router merupakan salah satu perangkat keras pada jaringan komputer. Router ini sendiri memiliki fungsi untuk mengimplementasikan dan membuat sebuah jaringan luas. Adanya router tersebut memungkinkan jaringan memilih dan membagi jalur mana saja yang perlu dilewati oleh paket data. Dengan begitu, paket data yang ada bisa sampai menuju receiver. Lantas apa yang dimaksud dengan switch?

Managed Switch dengan Router

Switch merupakan sebuah perangkat keras jaringan komputer yang bisa Anda gunakan untuk membangun jaringan LAN. Adanya switch tersebut bisa melakukan pembagian transmisi data pada jaringan secara rata. Hal ini berarti setiap receiver atau komputer client dapat memiliki hak serta prioritas sama rata pada jaringan yang tersedia.
Lantas seperti apa saja perbedaan antara switch managed serta router? Ada beberapa aspek yang membedakan antara kedua hal tersebut. Simak perbedaan selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

Perbedaan Managed Switch dengan Router

Setidaknya terdapat beberapa perbedaan yang bisa Anda ketahui mengenai switch managed dan juga router. Yang mana perbedaan tersebut meliputi:

1. Segi fisiknya

Saat melihat antara switch dengan router maka terdapat perbedaan dari segi fisiknya. Yang mana router memiliki bentuk fisik yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan switch. Switch ini sendiri memang memiliki bentuk yang lebih kecil. Jika dilihat dari harganya switch terbilang lebih murah sementara router lebih mahal serta memerlukan perawatan yang tinggi.

2. Segi fungsi

Meski memiliki fungsi yang hampir sama yakni dalam membagikan sebuah jaringan komputer. Akan tetapi jika tidak tersedia switch router dapat dijadikan sebagai pengganti fungsinya. Namun, jika sebaliknya tidak dapat dilakukan pasalnya switch tidak bisa menggantikan fungsi dari router.

3. Segi bandwitch

Jika dilihat perbedaannya dari segi bandwitch, maka router terbilang lebih efisien saat menggunakannya. Pasalnya tidak semua jaringan dapat menjangkau komputer yang ingin dikirimkan datanya. Sementara dari segi waktu pengiriman datanya, router bahkan dapat melakukannya dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan switch.

4. Segi fitur

Apabila mengetahui perbedaan dari segi fiturnya maka router memiliki fitur yang dapat melakukan proses penghalangan. Berbeda dengan switch yang hanya bisa Anda gunakan untuk membagi jalur jaringan saja.

5. Segi cakupan area

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa switch hanya dapat memiliki jangkauan dengan radius jaringan lokal yang kecil. Salah satunya seperti kantor atau ruangan lainnya. Untuk router sendiri memiliki jaringan lokal yang luas. Seperti jaringan WAN, MAN, hingga jaringan internet. Yang mana switch juga termasuk dalam jaringan tersebut.

Managed Switch dengan Router

6. Segi topologi jaringan yang digunakan

Apabila dilihat lewat topologi jaringan yang digunakan maka switch terbilang lebih banyak memakai topologi jaringan tipe star. Dengan fungsi switch untuk membagi jaringan kemudian mentransmisikan informasi serta paket data ke komputer receiver. Sementara pada router, ia bisa digunakan untun topologi jaringan juga akan tetapi akan lebih optimal jika dipakai dalam topologi jaringan tipe tree.

Itulah beberapa perbedaan antara managed switch dengan router yang bisa Anda ketahui. Kedua jenis perangkat tersebut bisa Anda gunakan dalam model nirkabel maupun wireless. Berdasarkan perbedaan tersebut Anda bisa memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *