5 Langkah Mudah untuk Menyusun Marketing Plan

ini marketing plan better marketing

Ketika anda sedang menjalankan suatu bisnis, maka perlu menyusun target pemasaran, jenis pemasaran yang digunakan serta jumlah anggaran yang dibutuhkan. Tentunya hal ini harus dilakukan secara detail, agar nantinya produk ini dapat dilirik oleh pelanggan. Kegiatan ini umumnya disebut dengan penyusunan marketing plan. Berikut ini 5 langkah yang bisa anda terapkan untuk menyusun rencana pemasaran secara mudah dan tepat.

Langkah Mudah untuk Membuat Perencanaan Pemasaran

1. Menulis Gambaran Bisnis

Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika menyusun dokumen perencanaan pemasaran, adalah dengan menulis bisnis secara detail. Anda perlu menguraikan secara jelas mengenai bisnis yang akan dikembangkan, bergerak di bidang apa bisnis tersebut, jasa apa saja yang ditawarkan kepada konsumen, struktur organisasi bisnis serta apakah bisnis tersebut membuka kerja sama dengan pihak lain dan sebagainya.

mau tau marketing plan itu

Semakin jelas gambaran yang anda buat, maka anda akan semakin mudah untuk menjalankannya nanti. Anda juga perlu menyusun tentang kekuatan dan kelemahan bisnis yang akan dijalankan tersebut serta menganalisa mengenai peluang dan ancaman sehingga dapat menentukan strategi yang tepat untuk memanfaatkan peluang yang ada dan mengantisipasi ancaman yang akan muncul.

2. Menentukan Target Pasar

Setelah anda mengetahui gambaran bisnis yang akan dijalankan, langkah menyusun marketing plan selajutnya adalah menentukan target pasar serta mengenai karakter dari pelanggan anda. Semakin detail target pasar yang anda tentukan, maka akan semakin baik srategi pemasaran yang anda buat. Di sini anda juga perlu menentukan area pelanggan, jenis kelamin serta usia rata rata target pasar.

3. Mengetahui Siapa Pesaing Bisnis

Tentunya ketika anda menetapkan suatu produk yang akan anda jual, maka anda harus mencari informasi mengenai penjual yang menawarkan produk yang sama dengan yang anda jual. Anda juga perlu mengetahui siapa saja yang memiliki target pasar yang sama dengan bisnis yang akan dijalankan tersebut. Dengan mengetahui siapa pesaing bisnis anda dan mengetahui mengenai produk dan pelayanannya, maka anda bisa menentukan perbaikan dari yang mereka tawarkan.

4. Menentukan Tujuan dan Srategi

Setelah mengetahui gambaran bisnis secara detail, targer pasar serta pesaing bisnis, maka anda harus menentukan tujuan bisnis dan stategi yang akan dipilih. Anda perlu menentukan tujuan yang besar dan merapkan strategi yang tepat sehingga tujuan bisnis tersebut bisa tercapai. Hal ini bertujuan agar bisnis anda bisa berkembang dengan baik untuk ke depannya. Tentunya strategi yang tepat bisa menarik perhatian calon pelanggan.

sudah tau marketing plan ini

5. Menentukan Anggaran untuk Promosi

Agar pelaksanaan rencana pemasaran bisa berjalan dengan baik, maka anda membutuhkan anggaran. Namun, sebelumnya anda harus menyusun secara detail mengenai berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan pemasaran. Anda juga perlu membuat perencanaan megenai sumber dana yang bisa digunakan sebagai anggaran untuk promosi. Meskipun sebenarnya anda juga bisa menggunakan media sosial untuk pemasaran ini secara gratis.

Namun, akan lebih efektif lagi jika anda juga menggunakan market place atau poster agar produk bisa lebih banyak diketahui oleh masyarakat. Tapi anda juga harus membuat catatan penting, bahwa jangan sampai menentapkan anggaran yang cukup besar, sehingga dapat menyebabkan pengeluaran lebih banyak. Tentunya anda harus mengontrol keuangan dengan sebaik mungkin.

Menyusun perencanaan pemasaran ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Namun, dalam hal ini anda harus melakukan analisa dengan baik, sehingga bisa memberikan gambaran yang jelas mengenai hal harus anda lakukan nantinya. Tentunya untuk melaksanakan perancanaan tersebut, anda juga perlu membentuk tim, karena tidak mungkin semua hal bisa nada lakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Mengingat tenaga dan kemampuan yang anda miliki juga terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *