5 Jadwal Jam Makan yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Sesuai Anjuran Dokter

jam makan yang baik nggak mau badan makin gendut hindari kebiasaan ini setelah makan

Tubuh perlu diprogram untuk mengatur pola makan dengan baik demi kesehatan. Hal ini berkaitan dengan proses penyerapan makanan, yang nantinya menjadi sumber energi. Wajarnya setiap individu perlu melewati waktu sarapan, tetapi banyak orang mengabaikannya. Alhasil tidak sedikit orang yang terkena penyakit maag akut yang bisa menganggu aktivitas. Maka dari itu anda perlu mengatur jam makan yang baik untuk tubuh.

Jaga Kesehatan Diri Sendiri Lewat Pola Makan

1. Sarapan Jam 8 Pagi

Para ahli kesehatan menyarankan untuk makan pagi sebelum jam 9 pagi. Hal ini karena pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk memberi asupan pada otak. Tubuh membutuhkan makanan setelah tujuh jam kosong selepas bangun tidur. Sehingga harus cepat mengisinya kembali supaya mendapatkan energi kembali untuk beraktivitas. Oleh sebab itu banyak orang yang memilih tidak sarapan terlihat lunglai. Hal ini karena sumber energinya belum terisi dengan baik.

jam makan yang baik metabolism tubuh

2. Camilan Pada Pukul 10 Siang

Biasanya sekitar empat jam setelah sarapan perut akan terasa kosong dan minta diisi. Hal ini wajar terjadi karena pada jam produktif otak digunakan untuk bekerja. Namun anda jangan terbuai untuk makan makanan berat terlebih dahulu. Untuk menjaga jam makan yang baik cobalah untuk mengonsumsi camilan. Anda bisa memakan camilan berupa buah ataupun jajanan ringan. Setidaknya perut tetap terisi dan tidak dibiarkan dalam keadaan kosong.

3. Makan Jam 12 Siang

Bagi para pekerja kantor, pelajar, atau mahasiswa ada baiknya makan saat jam istirahat. Pada waktu ini tubuh anda sudah mengalami penurunan produksi, sudah mulai terlihat rasa lelah dan lesunya. Maka dari itu perlu diisi dengan makanan yang bisa membangkitkan energi kembali. Namun anda disarankan tidak mengambil porsi makanan yang terlalu banyak. Karena perut yang terisi penuh akan membuat tubuh lemas dan mudah megantuk.

4. Camilan Jam 3-4 Sore

Setiap empat jam sekali tubuh akan mengalami pengosongan, karena terus digunakan untuk beraktivitas. Jadi sebaiknya isi perut yang terus berbunyi tersebut dengan camilan yang menyehatkan. Ada beragam camilan yang bisa anda konsumsi asalkan bukan jenis makanan berat. Supaya kadar serat dan vitamin terpenuhi makan disarankan untuk megonsumsi buah-buahan. Buah alpukat sangat direkomendasikan untuk menunda lapar sejenak.

jam makan yang baik makanan untuk diet

Karena kebutuhan cemilan untuk tubuh sangat tinggi, maka disarankan untuk membawa cemilan kemanapun. Jika tidak ada buah yang bisa dimakan, anda bisa menggantinya dengan jajanan ringan. Atau cobalah untuk minum susu sari kedelai yang mengandung serat tinggi. Kedelai termasuk jenis kacang-kacangan yang akan menunda lapar untuk sementara waktu. Selain itu aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping untuk tubuh.

5. Makan Malam di Jam 6-7

Ada baiknya makan malam sebelum pukul 8 malam, supaya makanan bisa dicerna oleh tubuh. Jika pola tidur anda sehat maka jam tidur akan dimulai pukul 9 malam. Akan sangat efektif apabila anda makan pada pukul 6 atau 7 malam. Karena tubuh diberi waktu untuk memproses makanan sebelum pergi tidur. Apabila tidak menerapkan pola ini maka anda harus siap terjadi resiko obesitas karena lemak yang menumpuk.

Menerapkan pola hidup sehat memang sangat diperlukan, jika anda ingin menjaga kesehatan tubuh. Cobalah dimulai dari mengatur pola makan sesuai dengan aturan para ahli gizi. Pemgaturan waktu tersebut sudah ditetapkan sesuai dengan jangka waktu dan aktivitas yang dilakukan. Sehingga polanya tepat kapan anda membutuhkan asupan makanan untuk tubuh. Alhasil sumber energi dalam tubuh terus diperbarui dan lebih bersemangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *